Tiga Kecamatan di Anambas Belum Miliki Fasilitas Kesehatan yang Memadai
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 21-10-2020 | 19:20 WIB
faskes-anambas.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Tiga kecamatan yang mekar pada tahun 2019 lalu, belum memiliki fasilitas kesehatan yang memadai. Pasalnya, Pemerintah Kepulauan Anambas masih mengharapkan bantuan Pemerintah Pusat.

"Untuk saat ini, tenaga medis di Kecamatan Kute Siantan masih diperbantukan dari Puskesmas Induk yaitu Puskesmas Kecamatan Palmatak. Bahkan untuk pelayanan pun masih memanfaatkan postu (Pos Pembantu)," ujar Rudi salah satu warga Kecamatan Kute Siantan, Rabu (21/10/2020).

Rudi menyayangkan, salah satu tujuan masyarakat mendesak pemekaran yaitu untuk meningkatkan pelayanan khususnya bidang kesehatan. "Usulan pemekaran kecamatan dari masyarakat yaitu untuk meningkatkan pelayanan, namun belum maksimal juga sampai saat ini. Padahal kecamatan ini sudah setahun beroperasi," jelasnya.

Kepala Bidang Pelayanan Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB), Wira mengakui tiga kecamatan yang baru mekar yaitu Kecamatan Jemaja Barat, Siantan Utara dan Kute Siantan belum memiliki fasilitas kesehatan yang memadai.

"Salah satu kendalanya yaitu minimnya anggaran, sehingga kami mengharapkan bantuan dari Pemerintah Pusat," jelasnya.

Wira menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk segera memprioritaskan pembangunan Puskesmas melalu DAK. "Sementara untuk penambahan tenaga medis, kita minta kepada Kemendagri dan Menpan RB untuk melebihkan formasi kesehatan di Kepulauan Anambas pada penerimaan CPNS. Sehingga kebutuhan tenaga medis di Tiga Kecamatan itu bisa terpenuhi," ucapnya.

Editor: Gokli