Sejumlah Fraksi di DPRD Anambas Minta Pemda Lebih Efektif Tanggulangi Bencana
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 09-05-2019 | 18:28 WIB
perda-bpbd.jpg
Paripurna penyampaian pandangan fraksi di DPRD Anambas atas Ranperda BPBD, Kamis (9/5/2019). (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Empat fraksi di DPRD Anambas menyarankan Pemerintah Daerah lebih efektif menanggulangi bencana. Dengan memperhatikan pencegahan, penanganan saat pra bencana, tanggap darurat hingga pascabencana.

"Berkaca dari bencana alam pada tahun sebelumnya, Pemerintah Daerah harus membuat kajian akurat dan matang dalam menanggulangi bencana. Dan perlu ditingkatkan kewaspadaan dini masyarakat. Karena daerah kita ini rentan terjadi gangguan alam," kata Yusli YS saat membacakan pandangan umum fraksi terhadap Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kamis (9/5/2019) di Ruang Rapat Sekretariat DPRD Anambas.

Sedangkan Fraksi PBB, Firman Edi menyarankan, Pemda untuk menambahkan pasal jaminan hak yang terkena bencana, pemulihan korban bencana, dan persediaan cadangan pangan. "Melihat kejadian di tahun lalu seerti banjir dan longsor, penanganan terhadap korban sangat lamban. Maka itu perlu menjadi evaluasi saat BPBD telah terbentuk. Kami harap rencana kerja saat pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana harus disusun. Dan Pemda juga harus menetapkan daerah-daerah yang rawan bencana sehingga ada antisipasi sebelum bencana," jelasnya.

Sedangkan Fraksi Amanat Karya Indonesia Raya (Akir), Jasril Jamal menyampaikan, agar Pemda lebih mengutamakan upaya pencegahan bencana alam. "Banyak yang harus diterapkan sebagai upaya pencegahan bencana alam yaitu menjaga kebersihan lingkungan, sehingga tidak terjadi banjir," terangnya.

Fraksi PPP Plus, Ayub mengatakan bahwa setiap bulan Desember, Anambas mengalami cuaca ekstrem. "Maka perlu dilakukan penanggulangan cepat, efektif dan efisien," pesannya.

Menanggapi pandangan fraksi, Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra mengucapkan, saran dan masukan Fraksi DPRD tersebut akan dimasukkan dalam pasal-pasal Ranperda Pembentukan BPBD. "Nantinya Ranperda ini menjadi acuan kerja BPBD, maka kami harap OPD terkait harus intens berkoordinasi dengan DPRD selama pembahasan Ranperda," ucapnya.

Editor: Gokli