Provider Hanya Pentingkan Bisnis, Akses Telekomunikasi di Anambas Sulit Merata
Oleh : Freddy
Senin | 06-05-2019 | 15:04 WIB
provider_anambas.jpg
Provider telekomunikasi di Anambas (Foto; Dok BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Kepulauan Anambas mengakui akses telekomunikasi hanya tertumpu di Tarempa, Kecamatan Siantan dan belum merata ke seluruh desa maupun kecamatan. Pasalnya, provider penyedia telekomunikasi masih enggan memperluas layanan dan masih berorientasi keuntungan.

"Sampai saat ini belum ada operator yang mau memperluas akses telekomunikasi ke pulau-pulau, baik itu ke Palmatak dan Jemaja. Padahal dua pulau itu merupakan objek vital nasional," kata Kadiskominfotik Anambas, Japrizal, Senin (6/5/2019).

Japrizal menambahkan pihaknya telah berkali-kali mengusulkan pemerataan akses telekomunikasi ke pulau-pulau khususnya Palmatak dan Jemaja. Namun alasan provider yaitu biaya yang cukup tinggi untuk pembangunan tower (site) baru.

"Kami sering berkoordinasi dengan operator untuk perluasan akses telekomunikasi. Tapi selalu alasannya hitung-hitungan tidak masuk. Mereka melihat, biaya pembangunan besar, tetapi pengguna hanya sedikit. Ini yang membuat pemerataan akses telekomunikasi sulit terealisasi," terangnya.

Japrizal menyinggung pihaknya juga telah mengunjungi BAKTI untuk mendorong pihak provider memanfaatkan Palapa Ring Barat (PRB). "Pala Ring Barat belum bisa dirasakan seluruh masyarakat Anambas. Karena belum semua provider memanfaatkan PRB. Olehkarena itu kita minta peran BAKTI mendorong provider memanfaatkan PRB," jelasnya.

Editor: Surya