Diskominfo Ajak Penyedia Layanan Telekomunikasi Manfaatkan PRB di Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 08-04-2019 | 09:40 WIB
pantai-anambas-ok.jpg
Salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Meski Palapa Ring Barat (PRB) sudah beroperasi, namun akses internet di Kabupaten Kepulauan Anambas belum sepenuhnya bisa dinikmati masyarakat. Hal ini karena penyedia layanan telekomunikasi belum semua masuk ke Anambas.

Untuk meningkatkan akses internet di Anambas, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Anambas mengaku terus berkoordinasi dengan penyedia layanan telekomunikasi untuk sesegera mungkin memanfaatkan PRB di Anambas.

"PRB sudah beroperasi, cuma belum dimanfaatkan secara maksimal. Kalau Telkom sudah mulai memasang indihome di Tarempa. Mungkin secara perlahan merambah desa dan kecamatan lain. Kami juga intens berkoordinasi dengan provider lain agar memanfaatkan PRB ini," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal, belum lama ini.

Sulitnya akses internet di Anambas, khusunya Kecamatan Palmatak dan Jemasa, membuat upaya promosi sektor pariwisata ke mancanegara terkendala. Padahal, banyak destinasi wisata di Anambas yang layak untuk diperkenalkan ke wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Kondisi ini pun dikeluhkan warga. "Di Jemaja jaringan internet sangat susah. Kapasitas internet yang disediakan provider tak mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat Jemaja," kata Rama salah satu warga Jemaja, Senin (1/4/2019) lalu.

SSelain itu, pendamping touris yang berkunjung di Jemaja, Gusdi mengakui salah satu keluhan touris mancanegara yang berkunjung ke Jemaja yakni keterbatasan jaringan internet.

"Ini yang perlu didorong, karena internet merupakan salah satu pendukung untuk mengembangkan sektor pariwisata. Banyak touris luar negeri yang berkunjung ke sini, mereka mempertanyakan jaringan internet," terangnya.

Gusdi berharap agar akses telekomunikasi di Jemaja semakin ditingkatkan karena dapat mempengaruhi pengunjung.

"Saya yakin, kalau internet lancar, banyak touris yang berkunjung ke sini," kata Gusdi dengan optimis.

Editor: Gokli