Smartfren Bakal Hadir di Amambas, Percepat Akses Telekomuniasi Warga
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 04-03-2019 | 15:16 WIB
smartfren111.jpg
Smartfren bakal launching di Anambas dan Natuna. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Masyarakat Kecamatan Siantan, khususnya di Tarempa menanti kehadiran salah satu provider swasta untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan percepatan atau pemerataan akses telekomunikasi.

"Informasinya tanggal 6 Maret 2019 mendatang, provider Smartfren akan launching di Natuna dan Anambas. Ini akan membawa angin segar bagi pengguna gadget, karena telah tersedia pilihan," kata Syahril salah satu warga Tarempa, Senin (4/3/2019).

Syahril menduga, hadirnya provider baru di Tarempa akan memutus monopoli akses telekomunikasi. Pasalnya, provider yang selama ini hadir menguasai Siantan terkesan setangah hati memberikan pelayanan.

"Memang Telkomsel yang pertama hadir di Siantan, tetapi pelayanannya seperti setengah hati. Tak sebanding kapasitas bandwidth dengan pengguna. Pengguna tambah, tetapi kapasitas tetap. Membuat akses selalu lelet," ujarnya.

Menurut Syahril, apabila provider swasta tersebut beroperasi, pengguna akses telekomunikasi akan terbagi. "Sehingga akses semakin ringan dan cepat," ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Anambas, Jeprizal mengakui salah satu provider swasta akan beroperasi di Tarempa dengan kapasitas bandwidth 100 megabyte.

"6 Maret, Smartfren yang merupakan provider swasta akan beroperasi dengan kapasitas 100 megabyte. Dan Smartfren ini memiliki 4 tower, terdiri dari tower Kampung Baru, Bayhill, Antang dan Pasir Peti," terangnya.

Jeprizal mengakui, tower Pasir Peti informasinya akan ditembuskan ke Kecamatan Siantan Tengah dan Palmatak. Menurutnya program tersebut termasuk salah satu program strategis nasional bidang telekomunikasi.

"Kehadiran provider baru ini diharapkan mampu mencapai tujuan kita untuk pemerataan akses telekomunikasi," harapnya.

Editor: Yudha