KPU Anambas Kukuhkan Relawan Demokrasi Sebagai Pelopor Tingkatkan Partisipasi Pemilu 2019
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 04-02-2019 | 10:28 WIB
pengukhan-relas-anambas.jpg
Pengukuhan Relawan Demokrasi di Kabupaten Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas kukuhkan Relawan Demokrasi Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Aula Tarempa Beach, Senin (4/2/2019).

Dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi Pemilu atau mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat menggunakan hak pilih dalam Pemilu. "Relawan demokrasi merupakan mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. Ukuran partisipasi bukan sekedar kehadiran pemilih dalam memberikan suara, tetapi keterlibatan pemilih pada keseluruhan tahapan Pemilu," kata Ketua KPU Anambas, Jufri Budi, Senin (4/2/2019).

Jufri menegaskan, Relawan Demokrasi harus menjaga netralitas, memahami tugas pokok dan fungsi, dan membuat rencana kerja untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih.

"Saat ini semua mata dan telinga tertuju pada penyelenggara Pemilu. Untuk itu kami himbau kepada Relawan Demokrasi menjaga netralitas. Dan bekerjalah untuk meningkatkan partisipasi pemilu kepada masyarakat," tegasnya.

Jufri menyinggung, saat ini tantangan sosialisasi Pemilu 2018 lebih berat karena semakin kompleksnya penyelenggara Pemilu. "Faktor yang mempengaruhi adalah jemuh dengan frekuensi penyelenggara pemilu yang tinggi, ketidakpuasan atas kinerja sistem politik yang tidak memberikan perbaikan kualitas hidup, dan melemahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilu sebagai instrumen transformasi sosial," jelasnya.

Jufri menguraikan, ada 55 Relawan Demokrasi yang terdiri dari 10 basis di Kabupaten Kepulauan Anambas. "10 basis ini akan menjadi pelopor untuk menjangkau masyarakat," terangnya.

Editor: Gokli