Peringatan HPN 2019, Kabupaten Anambas Angkat Tema 'Pers Bukan Musuh'
Oleh : Alfredy Silalahi
Jum\'at | 01-02-2019 | 16:52 WIB
hpn-anambas1.jpg
Peringatan HPN 2019 Kabupaten Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - 'Pers Bukan Musuh' menjadi tema peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Kabupaten Kepulauan Anambas. Hal tersebut disepakati oleh gabungan media cetak dan online yang berada di Anambas, mengingat masih adanya rasa 'takut' oknum pejabat publik untuk bertemu dengan pers.

"Tema tersebut merupakan usulan dari rekan-rekan wartawan yang berada di Anambas. Karena masih banyak didapati pejabat publik yang mengelak untuk ditemui wartawan," kata Indra Gunawan, Ketua Panitia Hari Pers Nasional 2019 Kabupaten Anambas, Jumat (1/2/2019).

Indra mengakui, tidak hanya mengacu kepada kejadian yang terjadi di Anambas, tetapi berkaca juga dari pengalaman rekan-rekan pers yang mendapat kekerasan atau kriminalisasi. Menurutnya, tugas pers sesuai Undang-undang yakni menyampaikan fakta atau informasi yang akurat kepada masyarakat.

"Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, gambar maupun suara," jelasnya.

Adapun kegiatan yang akan digelar pada Hari Pers Nasional 2019 diantaranya menggelar aksi damai pada Jumat (8/1/2019) di depan Tugu Buak, Siantan. Aksi tersebut sebagai bentuk kepedulian insan pers Anambas agar tidak ada terjadi tindakan kriminalisasi terhadap insan pers.

"Kita gelar aksi damai dengan cara menutup mulut menggunakan plaster (lakban). Aspirasi yang akan disampaikan melalui tulisan-tulisan di atas karton. Dan selama aksi, kita tidak bersuara," jelasnya.

Sedangkan Sabtu (9/2/2019) akan digelar Forum Group Discussion dengan sejumlah stake holder dan elemen masyarakat. FGD itu bertujuan untuk memperat silaturahmi antara nara sumber dengan pemburu berita.

"FGD nanti itu akan lebih seru, sebab sejumlah nara sumber bisa menyampaikan nasehat, saran, kritikan terhadap pemburu berita. Kami akan berikan ruang itu kepada narasumber dalam rangka HPN 2019," tegasnya.

Editor: Yudha