Persiapkan Personil, Lanal Tarempa Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 31-01-2019 | 11:04 WIB
simulasi-anambas.jpg
Prajutit Lanal Tarempa saat menghalau demonstran dalam simulasi pengamanan Pemilu 2019. (Foto: Fredy Sialalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa gelar simulasi pengamanan Pemilu 2019 di depan Mako Lanal Tarempa, Kamis (31/1/2019).

Dengan tujuan untuk mempersiapkan personil dalam menangani demonstran yang keberatan pada hasil perolehan suara Pemilihan Legislatif dan Presiden periode 2019-2024.

"Persiapkan diri dan jaga diri ketika ada kejadian yang tidak diinginkan pada Pemilu 2019 nanti. Semua harus sigap," kata Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim, Kamis (31/1/2019).

Dalam narasi penanganan demonstran pada Pemilu 2019, Personil TNI AL dengan peralatan lengkap dihadapkan kepada sejumlah demonstran yang terdiri dari Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu Bersih. Para demonstran tersebut meminta Pemilu di ulang karena ada aroma money politik yang dibiarkan.

"Kami tidak puas dengan hasil pemungutan suara, karena penyelenggara Pemilu tutup mata akan adanya indikasi money politik," ujar Koordinator Aliansi Masyarakat Peduli Pemilu Bersih.

Personil Angkatan Laut pun mencoba memediasi para demonstran, agar tidak terjadi kerusahan. Sehingga kondusifitas di tengah-tengah masyarakat tetap terjaga. Namun upaya mediasi tersebut tak membuahkan hasil. Justru semakin memperkeruh suasana dan membuka niat para demonstran melakukan keonaran.

Para demonstran langsung menggeruduk barisan huru-hara yang sudah sigap. Namun para demonstran tak mampu menembus meski sempat terjadi aksi dorong-dorongan. Barisan petugas huru-hara yang begitu kokoh, juga memaksa para demonstran mundur.

"Itu tadi hanya simulasi untuk mempersiapkan personil apabila terjadi. Tetapi kami yakin, penyelenggaraan Pemilu 2019 pasti aman," seru Danlanal Tarempa, Nur Rocham Ibrahim.

Editor: Gokli