Pelayaran Tioman Malaysia-Anambas Diyakini Bakal Tingkatkan Kunjungan Wisatawan
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 28-01-2019 | 16:40 WIB
royal-express1.jpg
Fery Cepat Royal Express yang diwacanakan membuka rute pelayaran Tioman, Malaysia - Tarempa, Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sejumlah pihak di Kabupaten Kepulauan Anambas membuka diri terkait wacana dibukanya pelayaran dari Tioman (Malaysia) menuju Tarempa. Pasalnya, apabila itu terealisasi, maka kunjungan wisata ke Kabupaten Kepulauan Anambas semakin meningkat.

"Wacana ini angin segar untuk sektor pariwisata Kabupaten Kepulauan Anambas. Karena saya baru menerima info dari teman dari Malaysia (investor) sudah berniat membuka pelayaran dari Tioman ke Tarempa, Anambas dengan kapasitas 450 seat," kata Arpandi, Senin (28/1/2019).

Arpandi mengakui, saat ini investor Malaysia tersebut ingin memastikan Custom Imigration Quaritine Port (CIQP). "Untuk jalur Internasional ini, yang paling dibutuhkan adalah CIQP untuk memeriksa data para wisatawan," ucapnya.

Arpandi menyinggung, bahwa asal usul Tioman dengan masyarakat Anambas ada persamaan kultur bahasa. "Sementara kita ketahui bersama, Tioman juga merupakan salah satu tujuan wisata di Malaysia. Tentu akan sangat berpengaruh apabila ada pelayaran dari Tioman ke Anambas untuk sektor pariwisata," jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Kepulauan Anambas, Masykur mengatakan, Pemda menargetkan peningkatan kunjungan wisman ke Anambas pada tahun 2019.

"Dari Pemda pasti mendorong wacana itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Anambas. Perlu diketahui, sebanyak 505 wisman berkunjung ke Anambas pada tahun 2018. Mudah-mudahan di tahun 2019 akan mengalami peningkatan. Sedangkan CIQP untuk Kabupaten Kepulauan Anambas sudah beroperasi di Pelabuhan Pemda, Siantan," jelasnya.

Sebelumnya, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) untuk Johor Bahru, Malaysia, Zainul Idris Yunus membawa investor dan asosiasi agen travel Malaysia ke Kabupaten Kepulauan Anambas. Adapun tujuan kedatangan rombongan tersebut yakni untuk membuka akses dari Semenanjung Malaysia dengan Anambas dalam sektor pariwisata.

"Selama ini yang dikenal masyatakat Malaysia tentang Kepulauan Riau yakni Tanjungpinang, Karimun dan Batam. Ternyata ada daerah yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, yakni Anambas. Dan hanya butuh waktu 4 atau 5 jam menempuh Anambas dari Tioman, Pahang, Mershing, Negeri Johor, Negeri Sembilan (Semenanjung Malaysia)," ujar Zainul Idris Yunus yang juga merupakan Ketua Rombongan Famtrip Johor, Malaysia ke Anambas saat melakukan diskusi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas di Aula Anambas Resort, Jumat (22/6/2018) malam.

Zainul menyampaikan, tujuan rombongan Famtrip Johor, Malaysia ke Anambas selain menikmati destinasi wisata, juga ingin membuka akses langsung dari Semenanjung Malaysia ke Anambas. Menurutnya hal tersebut yang direncanakan oleh investor maupun agen travel Malaysia.

"Saya hanya sebagai mediator atau perantara untuk mendekatkan Malaysia dengan Anambas dari sektor pariwisata. Mereka-mereka ini nantinya yang akan mempromosikan Anambas di Malaysia. Sehingga Anambas lebih dikenal oleh masyarakat Malaysia," terangnya.

Zainul berharap ada kemudahan-kemudahan perizinan untuk membuka akses bagi agen travel dan kemudahan perizinan bagi inverstor untuk membangun resort di Anambas. "Ini sudah kami bahas sebelumnya dengan investor dan agen travel. Mereka ingin kemudahan untuk membuka akses Malaysia ke Anambas," ucapnya.

Editor: Yudha