Pemkab Anambas Terima Penghargaan dari Menkeu Atas Raihan Opini WTP
Oleh : Fredy Silalahi
Jum\'at | 19-10-2018 | 18:40 WIB

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kementerian Keuangan melalui Kepala Bidang Pembinaan Akutansi dan Laporan Keuangan, Kanwil Perbendaharaan Provinsi Kepri, Nurul Hidayatulloh menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas. Sebab, Pemkab Anambas meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Penghargaan diberikan karena Pemerintah Anambas meraih opini WTP dari BPK pada laporan keuangan tahun 2017. Dan Pemerintah Anambas menyajikan laporan dengan baik," ujar Nurul Hidayatulloh, Jumat (19/10/2018).

Nurul menegaskan, Pemerintah Anambas harus mempertahankan WTP dengan cara menyajikan laporan penggunanaan maupun pengelolaan anggaran dengan baik. Menurutnya, WTP juga merupakan syarat untuk mendapatkan Dana Insentif Daerah.

"Apabila lima tahun berturut-turut meraih WTP, daerah juga akan mendapat penghargaan yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia. Oleh karena itu, WTP ini harus dipertahankan," harapnya.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk mempertahankan WTP dengan menyajikan laporan keuangan dengan baik. "Anambas sudah dua kali menerima WTP dari BPK, yakni tahun 2016 dan tahun 2018 ini. Pada tahun 2017, kita gagal mendapat WTP karena ada aset Natuna yang digunakan Pemkab Anambas, tetapi tidak tercatat dalan aset Anambas. Alhamdulillah, aset tersebut sudah bisa tercatat dengan berkoordinasi dengan Pemkab Natuna. Kami juga berupaya memeprtahankan WTP ini," ucapnya.

Editor: Gokli