Lama Mati Suri, Pemkab Anambas Segera Pilih Dirut Perusda
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 07-05-2018 | 16:16 WIB
perusda-anambas1.jpg
Kantor Perusda Anambas. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menargetkan tahun ini akan menggelar pemilihan Direktur Utama dan Dewan Pengawas Perusahaan Deerah (Perusda) Anambas Sejahtera. Hingga saat ini Perusda belum beroperasi dan belum mampu menekan disparitas harga kebutuhan sembako di Anambas.

"Target kita tahun ini akan dilaksanakan pemilihan Dirut dan Pengawas Perusda. Untuk Dewan Pengawas harus melalui tahapan uji kepatutan sesuai PP 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Ini masih kita siapkan sekaligus dengan Panitia Seleksi," ujar Plt Dirut Perusda Anambas Sejahtera, Eka Saputra Senin (7/5/2018).

Pemilihan Dirut, kata Eka, akan dilakukan terpisah dengan Dirut Operasional dan Dirut Keuangan. "Setelah Dirut terpilih, maka Dirut nanti yang memilih dua pembantunya (Dirut Operasional dan Keuangan)," terang Eka.

Eka mengakui, mengenai panitia seleksi (pansel), pihaknya akan melakukan kerjasama dengan lembaga independen yang kompeten. "Kita sudah ada kerjasama dengan UI, UGM dan Unri. Kita akan surati tiga universitas ini yang bersedia menjadi Pansel," akunya.

Sementara, Anggota DPRD Anambas, Yulius menekankan agar Pemda segera melakukan pemilihan Dirut dan Dewan Pengawas Perusda. Menurutnya, Perusda Anambas Sejahtera sudah terlalu lama mati suri.

"Harapan kita Perusda ini segera beroperasi sehingga tujuan Perusda yang sebenarnya bisa dimanfaatkan masyarakat. Baik dari segi ketersediaan sembako maupun untuk menekan disparitas harga," tekannya.

Editor: Yudha