Kapasitas Bandwidth Rendah, Diskominfotik Anambas Kewalahan Manfaatkan Simponie
Oleh : Fredy Silalahi
Jumat | 02-03-2018 | 19:26 WIB
bandwidth-oke.jpg
Ilustrasi bandwidth (Sumber foto: DosenPendidikan.Com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas kewalahan memanfaatkan sistem informasi manajemen perizinan online (Simponie) yang didapatkan secara cuma-cuma dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Pasalnya, Simponie tersebut membutuhkan kapasitas bandwidth besar.

"Kita melakukan kerja sama dengan Pemkot Tangerang Selatan yang diarahkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aplikasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengurusan izin secara online," kata Jeprizal, Kadiskominfotik Anambas, Jumat (2/3/2018).

Jeprizal mengakui, Simponie tersebut belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Menurutnya, bandwidth yang tersedia saat ini belum mampu mengcover semua aplikasi online.

"Untuk menggunakan transaksi keuangan, kita sudah menggunakan aplikasi online. Sementara Simponie ini membutuhkan kapasitas bandwidth yang besar, bandwidth kita belum mampu support," jelasnya.

Jeprizal menerangkan, sembari menunggu kapasitas bandwidth memenuhi Simponie, pihaknya terlebih dahulu memberikan pelatihan untuk programer di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Sebelum itu diterapkan, tentunya ada penempatan programer untuk mempelajari aplikasi ini. ?Dan harus disinkronkan dengan kebutuhan daerah, baik perizinan maupun non perizinan dengan masing-masing dinas teknis," terangnya.

Jeprizal menyinggung, pihaknya juga menduplikasikan aplikasi sistem informasi surat masuk dan surat ke luar. "Mendapat aplikasi ini, kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan OPD agar pengurusan perizinan dapat terintegrasi. Sehingga memudahkan dalam pengurusan perizinan," ungkapnya.

Editor: Udin