Satgas Penanggulangan Bencana dan Laka Laut Anambas Bagikan Life Jacket
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 20-12-2017 | 18:38 WIB
bagikan-life-jacket.jpg
Satgas Penanggulangan Bencana dan Laka Laut membagikan life jacket di Pelabuhan Tarempa (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana dan Laka Laut Kabupaten Kepulauan Anambas bagikan life jacket kepada pengguna atau penumpang transportasi laut. Hal tersebut merupakan sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap masyarakat.

"Letak geografis Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari pulau-pulau dan lebih luas lautan daripada darat. Jadi untuk menjangkau sebuah pulau hanya melalui jalur laut. Di mana saat ini kita juga memasuki musim angin Utara yang begitu kencang diikuti gelombang yang tinggi. Jadi kita harus berikan kewaspadaan dini bagi masyarakat," ujar Kapolres Anambas, AKBP Junoto, Rabu (20/12/2017).

Junoto mengakui, pihaknya tidak mungkin melarang masyarakat menggunakan transportasi laut. Pasalnya, pasokan bahan pokok terpusat di Tarempa, Kecamatan Siantan.

"Kita tidak melarang, tetapi kita memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tetap berhati-hati saat menggunakan transportasi laut. Dan jangan mengabaikan informasi cuaca dari BMKG. Kalau memang tak mendukung untuk melaut, jangan dipaksakan," tegasnya.

Junoto juga berpesan, agar pola penggunaan transportasi laut segera diubah. "Dulunya masyarakat tidak tertib menggunakan life jacket dan jarang digunakan ketika musim angin Utara. Tetapi sekarang, setiap menggunakan transportasi laut harus mengenakan life jacket," jelasnya.

Editor: Udin