Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tinjau RSL di Palmatak, Abdul Haris Akui Kekurangan Fasilitas dan Tenaga Medis
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 17-10-2017 | 11:14 WIB
tinjau-RSL.jpg Honda-Batam
Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris bersama rombongan saat meninjau rumah sakit lapangan (RSL) di Palmatak. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Rombongan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas tinjau fasilitas Rumah Sakit Lapangan (RSL), Payaklaman, Kecamatan Palmatak. Tujuannya yakni ingin mengetahui secara pasti keluhan masyarakat mengenai kesehatan dan pelayanan tenaga medis.

"Kami sudah tak tahan mendengar keluhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Jadi kami ingin tahu seperti apa kondisi di lapangan," ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris yang didampingi oleh Wakil Bupati dan tenaga medis RSL Palmatak, Selasa (17/10/2017).

Haris juga sempat menyinggung, bagi dokter yang izin keluar daerah agar tidak berlama-lama. Menurutnya, pelayanan kesehatan tergantung keberadaan dokter di RSL.

"Bisa diberi izin, tetapi jangan terlalu lama. Kemudian izin lihat urgensinya, karena masyarakat selalu butuh dokter untuk mendapat pelayanan kesehatan," katanya.

Ia juga mengakui, kelemahan tenaga medis untuk memberi pelayanan maksimal terkendala pada fasilitas. Namun, meski demikian tidak semua keluhan masyarakat harus dirujuk ke Tanjungpinang.

"Saya sudah mendapat laporan dari Tanjungpinang, bahwa ada pasien yang bisa ditangani di Anambas tetapi dirujuk. Jadi apa tugas dokter di sini," ungkapnya dengan nada berang.

Haris juga menguraikan, Anambas sangat membutuhkan banyak dokter umum maupun spesialis yang profesional.

"Kita berada di daerah perbatasan, dan letak geografis kita berada di pulau-pulau. Untuk merujuk mungkin butuh waktu, dan menjadi pertimbangan kondisi kesehatan masyarakat. Daerah juga sangat kekurangan dokter spesialis, tetapi yang ada ini tolong bekerja maksimal dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, karena kesehatan juga menyangkut nyawa," jelasnya.

Abdul Haris berharap, agar kekurangan yang berada di lapangan dapat dikoordinasikan dengan OPD. "Kalau ada keluhan dari lapangan sampaikan saja ke OPD, nanti OPD akan sampaikan kepada kami sehingga bisa mendapat solusi. Kami punya niat untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," tegasnya.

Selain menemui dokter yang berada di RSL, Rombongan Bupati juga meninjau ruang kebidanan, gigi, laboratorium dan ruang inap.

Editor: Gokli