Jemaat HKI Gelar Pesta Penggalangan Dana Pembangunan Rumah Dinas dan Kantor Praeses Daerah X Kepri
Oleh : Yosri Nofriadi
Jumat | 13-10-2017 | 13:26 WIB
Gereja-HKI1.gif
Konfrensi Pers pesta penggalangan dana Gereja HKI. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jemaat Huria Kristen Indonesia (HKI) Dareh X Kepri akan menggelar pesta pengalangan dana pembangunan rumah dinas dan kantor praeses. Pesta penggalangan dana ini berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu, di gedung serbaguna gereja HKI Batuaji Baru, Kecamatan Sagulung.

Ketua panitia pesta penggalangan dana, Parlindungan Silaban, mengatakan, kegiatan yang mengambil tema 'Bersukacitalah Senantiasa dalam Tuhan (Filipi 4:4)' itu akan dihadiri pimpinan tertinggi Gereja HKI Ephorus Pdt Manjalo Pahala Hutabarat STh MM, Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, serta tokoh agama masyarakat Batam.

"Pesta pengalangan dana itu bertujuan untuk membangun rumah dinas praeses dan kantor HKI Daerah X Kepri. Nantinya sarana ini akan menjadi pusat pastoral pelayanan umat gembala di kabupaten/kota di Kepri dan Zending di Malaysia," ujar Parlindungan dalam koferensi persi di gereja HKI Batuaji Baru, Kamis (12/10/2017) malam.

Salain itu, seiring bertambahnya jemaat Huria Kristen Indonesia (HKI) yang ada di Kepri, pimpinan pusat HKI yang berkantor di Pematang Siantar melakukan pemekaran distrik atau daerah (wilayah pelayanan).

Sebelumnya HKI yang ada di Kepri masih tergabung terhadap daerah pelayanan Riau. Namun hal tersebut dirasakan kurang maksimal, karena gereja HKI di Kepri semakin pesat perkembanyannya di mana saat ini sudah ada sebanyak 17 gereja HKI.

"Saat ini, kita tidak lagi di bawah naungan Daerah Pekanbaru, setelah pemekaran wilayah Kepri dipisah dari Riau. Sehingga kita pun harus memiliki kantor praeses dan rumah dinas sendiri," ujarnya lagi.

Ia menuturkan, pembangunan rumah dinas dan kantor praeses menelan biaya kurang lebih Rp2 miliar. Dana itu mulai dari pembelian lahan, dan pembangunan fasilitas yang diperlukan seperti, ruang singgah bagi para pendeta-pendeta yang datang ke Kepri.

"Di dalamnya nanti akan dilengkai fasilitas ruang rapat dan ruang belajar bagi pendeta yang sedang melaksanakan pelatihan di Kepri," terang Parlindungan.

Sementara Pendeta Nurdia Hutasoit Sth, Praeses HKI Daerah X Kepri mengaku merasa bersyukur dengan sambutan hangat dari para pejabat yang ada di Kepri, mulai dari Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam Amsakar, yang memberikan perhatian dalam pembangunan rumah dinas dan kantor Praeses HKI Daerah X Kepri.

"Mereka menyambut baik undangan kita untuk menghadiri pesta penggalangan dana ini. Bapak Gubernur, Ketua DPRD Kepri, Wali Kota Batam berjanji menghadiri undangan kita," ungkap Nurdia.

"Gereja dan pemerintah sama-sama memiliki tugas dalam hal membina masyarakat demi terciptanya situasi kondusif untuk jalannya roda pembangunan di Kepri. Jadi kehadiran gereja di Kepri disambut baik oleh Gubernur Kepri dan Wali Kota Batam," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Pesta, Parlindungan, dan Praeses Nurdia juga mengundang seluruh jemaat HKI di Kepri untuk menghadiri Pesta Pengalangan Dana Pembangunan Rumah Dinas dan Kantor Praeses HKI Daerah X Kepri, yang secara resmi dibuka oleh Ephorus HKI Pdt Manjalo Pahala Hutabarat STh MM pada sabtu (14/10/2017).

Editor: Yudha


BNN-KEPRI