Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selangkah Lagi George Weah Jadi Presiden Baru Liberia
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 13-10-2017 | 08:24 WIB
george_weah.jpg Honda-Batam
George Weah. (Foto: New York Post)

BATAMTODAY.COM, Liberia - Legenda sepak bola asal Liberia, George Weah, menjadi perbincangan publik karena selangkah lagi akan menjadi Presiden Liberia. Ia bahkan diklaim sudah menjadi pemimpin terpilih negara seluas 111,369 km2 itu untuk menggantikan presiden saat ini, Ellen Jhonson Sirleaf.

 

Seperti diberitakan Daily Mail, Kamis (12/10), mantan bintang AC Milan dan Paris-Saint Germain (PSG) tersebut berada di urutan teratas hasil perhitungan sementara. Ia mengungguli wakil presiden, Joseph Boakai yang menjadi pesaing terberat.

Meskipun demikian, sampai saat ini tak ada keterangan resmi karena Komisi Pemilihan Umum Liberia (NEC) melarang diadakannya pengumuman. Pasalnya, pemilihan belum dilakukan secara resmi dan Weah masih menunggu hasil pemilu setelah bersaing dengan kandidat lainnya.

NEC pun mengimbau para warga dan negara lain untuk tidak termakan berita hoax dan disarankan mengikuti perkembangan informasi resmi yang baru akan diterima pada Kamis waktu setempat.

Sebelumnya, pada saat kampanye Weah mengajak masyarakat Liberia untuk bersiap memulai sejarah baru. "Kami satu dan bersama-sama kami harus berhasil menulis sebuah babak baru dalam sejarah mulia negara (Liberia)," seru pria 51 tahun itu.

Weah pernah menyabet gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) 1995 saat masih berseragam AC Milan. Ia pensiun dari sepak bola pada 2003 silam. Setelah itu, pemain yang kerap dijuluki King George banting setir berkiprah di ranah politisi dan kini bersiap menjadi suksesor presiden Ellen Johnson Sirleaf.

Weah bukan satu-satunya pesepak bola yang beralih haluan menjadi politisi. Ada sejumlah mantan pemain top dunia yang juga berkecimpung di dunia tersebut, seperti Pele dan Zico yang sama-sama menjabat sebagai menteri olahraga Brasil.

Sumber: Republika
Editor: Dardani