Pemkab Lingga Dukung Perluasan Landasan Bandara Dabosingkep
Oleh : Nurjali
Kamis | 12-10-2017 | 13:14 WIB
Kepala-bandara-dabo1.gif
Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dabosingkep Andi Hendra Suryana (tengah). (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dabosingkep Andi Hendra Suryana mengaku dukungan Pemerintah Kabupaten Lingga untuk perluasan landasan di Bandara Dabosingkep selama ini cukup baik.

Salah satu bentuk dukungan pemerintah daerah adalah dengan kembali mewacanakan untuk perluasan landasan Bandara Dabo, setelah sebelumnya juga pernah di proyeksikan pada tahun 2016.

"Kita selalu berkoordinasi dengan Bupati Lingga, dan Pemkab Lingga kembali akan wacanakan perluasan landasan, ini juga sudah didukung masyarakat," sebut Andi.

Mengenai jarang hadirnya Kepala Dinas Perhubungan yang merupakan mitra dari Bandara Dabosingkep, Andi mengatakan saat ini untuk koordinasi ke Dinas terkait memang belum berjalan efektif salah satu kendalanya karena Kantor Dinas Perhubungan sendiri saat ini berada di Daiklingga.

"Komunikasi kita dengan Bupati baik, hanya kalau dari Dinas mungkin karena kantornya di Daiklingga sehingga kita belum terjalin maksimal komunikasi kita," sebutnya.

Salah satu Komitmen kerjasama pemerintah dengan Bandara Dabosingkep yaitu adanya perluasan landasan pada tahun yang lalu. Konsep perluasan landasan yang pernah diminta oleh Bandara Dabo ini, sangat direspon positif oleh Bupati Lingga. Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga rencananya akan kembali menganggarkan untuk perluasan landasan ini.

Bahkan dirinya mengaku sudah menjalin komunikasi dengan masyarakat sekitar, tentang wacana persluasan bandara Dabo ini yang proyeknya akan berdampak pada pemukiman masyarakt di Sekitar Bandara Dabo. Dari hasil survey yang dilakukan oleh pihak Bandara Dabo, sementara ini masyarakat di sekitar bandara sangat mendukung dan tidak keberatan dengan perluasan landasan ini.

"Kita sudah sounding, masyarakat sangat mendukung karna ini juga untuk pembangunan masyakat di Dabo sendiri," sebutnya.

Sementara itu salah satu sumber di Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga yang enggan menyebutkan namanya mengaku, UPBU Bandara Dabosingkep tidak pernah mengundang Dinas terkait setiap pelaksanaan kegiatan. Padahal Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga memiliki kewajiban untuk menjalin komunikasi dengan Bandara Dabo, apalagi saat ini penerbangannya sudah mulai aktif.

"Kalau komunikasi dengan Bupati, itu secara garis birokrasi tapi secara kemitraan kita jarang diundang disetiap kegiatan," ungkap sumber tersebut.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI