Pemko Tanjungpinang Canangkan 4 Kelurahan Sebagai Kampung KB
Oleh : Habibie Khasim
Rabu | 11-10-2017 | 17:27 WIB
Lis-Darmansyah-728x3493.gif
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang kembali melakukan pencanangan Kampung KB di empat Kelurahan Kota Tanjungpinang yang dipusatkan di Balai Pertemuan Kampung Dompak Lama, Kelurahan Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Rabu (11/10/2017).

"Setelah sebelumnya kita canangkan Kelurahan Tanjung Unggat, kali ini Kelurahan Dompak, Kelurahan Kampung Bugis, Kelurahan Kampung Bulang dan Kelurahan Tanjungpinang Barat, kita jadikan sebagai Kampung KB," kata Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah sebelum meresmikan pencanangan Kampung KB.

Lis mengatakan, Kampung KB menjadi salah satu inovasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Empat Kampung KB ini nantinya akan membangun peserta KB baru, KB aktif, kualitas KB dan kesetaraan ber KB bagi masyarakat. Pelayanan Kampung KB, juga akan terintegrasi dengan sektor-sektor lainnya, seperti pendidikan, kesehatan dan sebagainya.

"Program ini bermanfaat untuk menyeimbangi kebutuhan hidup dalam satu keluarga, sehingga akan terwujud sebuah keluarga yang berkualitas, nyaman dan sejahtera," kata Lis.

Wali Kota menilai, program ini sangat penting untuk menekan pertumbuhan penduduk sekaligus memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan. Akan tetapi, kata dia, program ini tidak akan bisa berjalan tanpa adanya dukungan dari semua stakeholder, RT/RW dan masyarakat.

Menurut Lis, semuanya harus berkomitmen, terutama masyarakat, jadi Kampung KB bukan sekedar acara seremonial yang kemudian ditinggalkan begitu saja.

"Kalau masyarakat komitmen, lima sampai 10 tahun mendatang, tidak ada lagi anak-anak yang tidak bersekolah, tidak ada lagi anak-anak yang kurang gizi dan tidak ada lagi orang tua yang tak mampu sekolahkan anak-anaknya," tegas Lis.

Orang nomor satu di Kota Tanjungpinang ini mengajak masyarakat agar memanfaatkan program yang telah dicanangkan pemerintah tersebut agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

"Mari maanfaatkanlah program ini untuk mewujudkan masyarakat yang unggul dan sejahtera di Kota Tanjungpinang. Ayo ikut KB, dua anak lebih baik," tutup Lis.

Di sela kegiatan, Lis menyerahkan bantuan dari Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, berupa makanan bergizi bagi Ibu hamil dan anak-anak, sarana dan prasarana petugas lapangan KB, dan Kartu Indonesia Sehat.

Seusai meresmikan Kampung KB, Lis juga meninjau mobil pelayanan kesehatan, bazar, dan Kampung KB, didampingi Wakil Wali Kota, Syahrul, Kepala BKKBN Provinsi Kepri, unsur FKPD, Kepala OPD, Camat, Lurah, Ketua DWP, Ketua GOW, RT, RW, pokja Kampung KB serta warga setempat.

Editor: Udin


BNN-KEPRI