Pembagian Sertifikat Tanah Gratis, BPN Tarempa Tunggu Arahan Presiden
Oleh : Alfreddy Silalahi
Rabu | 11-10-2017 | 14:50 WIB
Sertifikat-tanah1.gif
Sertifikat tanah.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Perwakilan Tarempa menunggu arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk membagikan 200 sertifikat tanah.

"Kami tinggal menunggu arahan Pak Presiden untuk membagikan 200 sertifikat tanah. Trennya setiap kunjungan ke daerah Pak Presiden selalu membagikan sertifikat tanah. Dan rencananya dalam waktu dekat akan berkunjung ke Batam. Mungkin disitu akan diserahkan kepada masyarakat," ujar Subandi, Kepala Kantor BPN Tarempa, Rabu (11/10/2017).

Subandi menerangkan, 200 sertifikat tersebut merupakan penetapan kuota dari BPN Provinsi untuk tahun 2017. Dan tujuan sertifikasi tersebut adalah untuk menghindari konflik di tengah-tengah masyarakat, pemerintah maupun perusahaan.

"Kuota Anambas hanya 200 bidang tanah harus bersertifikat sesuai kuota yang ditetapkan BPN Provinsi Kepri. Kalau dihitung untuk kabupaten/kota di Kepri, totalnya sudah ribuan juga," terangnya.

Seperti diketahui, untuk tahun 2017 Presiden Republik Indonesia menargetkan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) menerbitkan sertifikat untuk 5 juta bidang tanah dari Sabang hingga Merauke.

"Untuk penyerahan mungkin dilakukan oleh Pak Bupati. Tetapi tetap menunggu arahan dari Presiden," singgungnya lagi.

Dia juga berharap, tahun 2018 Anambas tetap mendapat kuota penerbitan sertifikat tanah. "Tahun 2018 kami masih menunggu kuota yang ditetapkan BPN Provinsi Kepri. Dan syarat penerbitan sertifikat yakni masyarakat harus punya bukti penguasaan bidang tanah," ujarnya mengakhiri.?

Editor: Yudha


BNN-KEPRI