Wakil Bupati Lingga Resmikan Kampung KB di Desa Langkap
Oleh : Nur Jali
Kamis | 14-09-2017 | 20:14 WIB
Wabup-resmikan-kampung-KB.gif
Wakil Bupati Lingga, meresmikan kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Langkap Kecamatan Singkep Barat (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Lingga bersama Wakil Bupati Lingga, meresmikan kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Langkap Kecamatan Singkep Barat, Kamis (14/9/2017). Tujuannya untuk meningkatkan kualitas warga melalui program KB, dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, mengatakan dengan adanya acara kampung KB ini, diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat desa setempat. Karena kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menyejahterakan warga yang akan berdampak pada perekonomian masyarakat.

"KB memang bukan solusi satu-satunya, untuk itu kita minta Kepala Desa ke depan menggunakan dana ADD tersebut untuk keperluan peningkatan ekonomi masyarakat," kata Nizar.

Kampung KB ini juga mendapat support anggaran dari Dinas P2KB sebesar Rp10 juta. "Ini harus digunakan sebaiknya dan dibagikan kepada mereka yang berhak," tegasnya.

Kepala Dinas P2KB Kabupaten Lingga, dr Syamsurizal, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini sesuai dengan amanat UU Nomor 45 tahun 2009, tentang perkembangan penduduk dan pembangunan keluarga.



Tujuannya untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Sehingga mampu bersinergi dengan program pendidikan, kesehatan, sosial, pertanian, serta kelautan dan perikanan dan sektor lainnya.

"Desa Langkap ini terdapat 168 pasangan usia subur (pus) dengan 91 peserta KB aktif dan 77 bukan peserta KB aktif, yang 91 KB aktif tersebut merupakan peserta pengguna kontrasepsi modern yaitu menggunakan pil dan suntik," sebutnya.

Sementara itu, untuk pengguna kontrasepsi mantap seperti (IUD/ spiral, implant mop, mow) belum ada satupun usia subur yang menggunakan di desa ini.  

Usai acara, dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama pembangunan kampung KB yang terletak di RT 02/ RW 04 Desa Langkap dan sekaligus meninjau tugu kampung KB yang ada di Desa Langkap, Kecamatan Singkep Barat.

Editor: Udin


BNN-KEPRI