Pemadaman Listrik Bergilir di Batam Tak Sentuh Sektor Industri
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 14-09-2017 | 11:38 WIB
PLN-Batam1.gif
Plh Sekretaris PLN Batam, Rudi Antono dan Humas PLN Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemadaman listrik secara bergilir oleh Bright PLN Batam, hanya akan terjadi pada sektor pemukiman warga (rumah). Sementara sektor Industri akan tetap hidup, tanpa ada pemadaman.

Rudi Antono, Seketaris Pelaksana Harian (Plh) Bright PLN Batam, mengakui hal tersebut. Pemadaman listrik akan hanya terjadi di rumah-rumah warga.

"Sektor industri tetap hidup, tanpa ada pemadaman. Sehingga pilihan tersulit kami melakukan pemadaman pada konsumen rumah tangga," ujar Rudi Rabu (13/09/2017).

Menurut dia, apabila di sektor industri, seperti Mall, Pabrik, dan objek vital rumah sakit, perkantoran pemerintahan, bandara, pelabuhan dan sekolah tentu akan menggagu iklim bisni dan menggagu investor.

Sehingga proitas PLN Batam untuk pemadaman bergilir di sektor rumah tangga. "Kami usahakan tidak padam, jadi investasi di Batam tidak terganggu akibat pemadaman listrik bergilir," katanya.

Ia menjelaskan, sebelumnya bisnis industri di Batam, bisa menopang biaya pokok produksi (BPP) listrik di sektor rumah tangga. Namun yang terjadi konsumsi listrik rumah tangga di Batam semaki meningkat. Mengingat banyaknya pertumuhan pemukiman di Batam.

Sementara konsumsi listrik di kalangan bisnis industri semakin berkurang. Hal itu diduga imbas dari banyaknya perusahan yang hengkang dan tutup di Batam.

"Industri tidak bisa lagi menopang, biaya pokok produksi rumah tangga. Sekarang konsumsi listrik rumah tangga 37 persen, sementara industri hanya 22 persen. Jadi ini sangat mengaggu biaya oprional kami yang mengalami kenaikan," pungkasnya.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI