Letkol Laut (T) Arie Cahyo Nugroho Resmi Jabat Danlanal Tarempa
Oleh : Roland Aritonang
Kamis | 14-09-2017 | 11:26 WIB
sertijab-Danlanal-Tarempa.gif
Upacara Sertijab Danlanal Tarempa di Lapangan Lantamal IV Tanjungpinang. (Dok Dispen Lantamal IV)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Letkol Laut (T) Arie Cahyo Nugroho menerima tugas tanggung jawab dan wewenang sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa.

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara serah terima jabatan adalah Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno. Upacara dilaksanakan di lapangan apel Mako Lantamal IV Jalan Yos Sudarso Nomor 1 Batu Hitam Tanjungpinang, Kamis (14/09/2017).

Jabatan Komandan Lanal Tarempa diserahterimakan dari Letkol Laut (P) Johan Wahyudi kepada Letkol Laut (T) Arie Cahyo Nugroho, selanjutnya Letkol Laut (P) Johan Wahyudi akan menempati jabatan baru sebagai Wadan Satkopaska Armabar.

Upacara Sertijab tersebut, ditandai dengan penanggalan dan penyematan tanda jabatan serta atribut, penyerahan tongkat Komando dan Duaja Benteng Wira Perkasa oleh Danlantamal IV kepada Letkol Laut (T) Arie Cahyo Nugroho.

Letkol Laut (T) Arie Cahyo Nugroho adalah Perwira TNI AL kelahiran Magelang 26 Januari 1977 lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan-44 Tahun 1998.

Berbagai pengalaman dan penugasan yang pernah dijalani antara lain ASS Div Sin KRI SRI-352, Satpaska/Den-I/Ton II/Dan, Danden Satpaska,Pasharmat Satkopaska Armabar, Palaksa Lanal Batam, hingga akhirnya pada 14 September 2017 secara resmi dilantik sebagai Danlanal Tarempa. Sejumlah penghargaan dan tanda jasa yang dimiliki adalah Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, Satya Ksatria Yudha.

Sementara itu Letkol Laut (P) Johan Wahyudi menjabat sebagai Danlanal Tarempa sejak 20 September 2017 sampai dengan 14 September 2017 dan telah banyak pembenahan yang dilakukan oleh pria lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan-42 tahun 1997 tersebut.

Dengan pembenahan yang dilakukan tersebut, 185 Personel Lanal TRP yang ada di lima Posal yang tersebar dari Anambas hingga Tambelan, Kabupaten Bintan mampu melaksanakan tugas yang diemban kepada mereka dengan baik. Berkat keseriusan nya dalam mengatasi permasalahan di daerah perbatasan, telah banyak prestasi yang diukir diantaranya masalah pelanggaran batas wilayah.

Dalam amanatnya Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno mengatakan, pergantian komandan lanal tarempa yang diselenggarakan hari ini, pada hakikatnya merupakan mata rantai pembinaan personel dalam suatu organisasi, dalam rangka mendinamisasikan organisasi di jajaran TNI Angkatan Laut agar lebih mampu menjawab tantangan tugas ke depan.

Hal ini tentunya dimaksudkan agar senantiasa responsif, antisipatif dan adaptif terhadap setiap perubahan lingkungan strategis yang terjadi. "Diharapkan akan terwujud penyegaran organisasi dan kesinambungan kepemimpinan. Di samping itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan nuansa baru yang dapat memotivasi tumbuhnya kreativitas dan inovasi serta upaya yang lebih baik untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi yang telah ditetapkan," jelas Eko.

Upacara serah terima jabatan ini juga sebagai bentuk penghormatan, kepercayaan dan sekaligus peluang yang harus dimanfaatkan oleh para pejabat baru untuk membangun prestasi dan karya nyata yang lebih baik, terlebih lagi tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks dan dihadapkan dengan keterbatasan anggaran yang tentunya dapat berpengaruh langsung kepada pelaksanaan pemeliharaan dan operasional, namun demikian semua potensi yang dimiliki harus dapat dimanfaatkan seefektif dan seefisien mungkin.

Lanal tarempa selaku pelaksana dukungan bagi satuan operasional, berkedudukan langsung di bawah lantamal IV, mempunyai tugas pokok untuk menyelenggarakan dukungan logistik serta administrasi bagi unsur-unsur TNI AL baik KRI, pesawat udara dan personel TNI AL, yang melaksanakan patroli di perairan yang menjadi tanggung jawabnya serta melaksanakan tugas-tugas lain berdasarkan kebijakan Pangarmabar dan Kepala staf TNI AL.

"Wilayah operasional Lanal Tarempa memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, karena terdapat jalur pelayaran internasional yaitu alki 1 yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Vietnam. untuk itu, Lanal tarempa diharapkan mampu melaksanakan apa yang menjadi tugas pokok dan tanggungjawabnya dengan sebaik-baiknya," demikian Danlantamal IV.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI