Lima Tewas Satu Kritis, Ini Nama-nama Korban Ledakan Kapal Pertamina di PT ASL
Oleh : Yosri Nofriadi
Kamis | 07-09-2017 | 20:04 WIB
Korban-terbakar.gif
Salah satu korban yang akan dibawa ke rumah sakit Embung Fatimah (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal tanker Gamkonora milik Pertamina yang sedang perbaikan di galangan kapal PT ASL Tanjunguncang, Kamis (7/9/2017) sekitar pukul 17.00 WIB, meledak dan terbakar. Kejadian ini membuat seluruh karyawan berhamburan ke luar perusahaan untuk meyelamatkan diri.

Akibat kuatnya ledakan tersebut, beberapa karyawan terpental dan jatuh beberapa puluh meter dari lokasi ledakan. Tidak itu saja, lima orang karyawan dilaporkan meninggal dunia dan satu lainnya mengalami luka-luka.

Ledakan diduga berasal dari api las saat pekerja memperbaiki ruang mesin kapal. Salah satu karyawan yang ditemui di lokasi, Masri, mengatakan, ada 6 pekerja yang kritis dibawa ke rumah sakit Embung Fatimah.

"Keenam pekerja yang dibawa ke rumah sakit itu bernama Liwanten Hutagalung, Nimrot Hutagalung, Onik Saputra, Faisal Koto, Rusli Tan dan Milik Majida," ujar Masri.

Masri menceritakan, peristiwa itu bermula dari adanya pekerjaan di kapal tanker Gamkonora milik Pertamina di galangan kapal milik PT ASL. Kapal tersebut sedang melakukan perbaikan pulp air di ruang mesin dengan menggunakan alat las.

"Lagi ada pemotongan pakai alat las. Mungkin karena masih ada sisa minyak jadi langsung terbakar dan meledak," ujar Masri.

Setelah itu, kata Masri, tabung gas yang ada di dekat lokasi kebakaran meledak akibat kelebihan suhu. "Sampai kapal bergoncang semua," ujar Masri.

Sampai saat ini lanjut Masri, beberapa orang pekerja masih berada di dalam ruang mesin kapal dan belum dievakuasi karena api masih menyala. "Api sulit dipadamkan karena masih banyak sisa minyak di dalam kapal," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Batuaji, Kompol Sujoko mengatakan, dari 6 pekerja yang dibawa ke rumah sakit Embung Fatimah, 5 di antaranya meninggal dunia, sedangkan yang satunya mengalami luka bakar.

"Sejauh ini, lima orang meninggal, satu selamat," ujar Sujoko singkat tanpa merinci siapa korban yang selamat tersebut.

Namun informasi yang diperoleh BATAMTODAY.COM dari salah seorang sumber mengatakan, korban selamat bernama Liwanten Hutagalung.

Editor: Udin


BNN-KEPRI