Tahun 2018, Pemerintah Naikkan Target Program Perumahan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 12-08-2017 | 10:38 WIB
rumah-00.gif
Ilustrasi rumah yang telah dibangun dalam program sejuta rumah.

PROPERTINEWS.COM, Jakarta - Pemerintah memastikan target program strategis nasional sejuta rumah pada 2018 nanti dapat meningkat seiring dengan bertambahnya anggaran yang dialokasikan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimuljono menuturkan pemerintah berencana meningkatkan anggaran subsidi untuk program sejuta rumah meningkat dua kali lipat dari tahun ini. Hal ini sesuai instruksi Presiden yang fokus memantau peningkatan permintaan rumah subsidi.

"Kami rencanakan anggaran meningkat sampai dua kali lipat tahun depan, untuk itu target capaian juga akan kami tingkatkan semaksimal mungkin bisa lebih dari sejuta unit," katanya usai pembukaan pameran Indonesia Properti Expo, Jumat (11/8).

Basoeki menuturkan nyatanya tak hanya pemerintah yang antusias menjalankan program ini. Sebab, sejumlah asosiasi pengembang pun sepakat akan lebih memprioritaskan penyediaan perumahan subsidi.

Apalagi hingga awal Agustus ini, kata Basoeki, catatan capaian pembangunan fisik perumahan sudah hampir mencapai 50% dari target sejuta.

Dirinya menuturkan salah satu hal yang dirasa masih paling menghambat yakni persoalan perizinan. Untuk itu, pemerintah masih akan terus mendorong setiap kepala daerah untuk segera merealisasikan mandat Paket Kebijakan Ekonomi XIII tentang pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR.

Basoeki menjabarkan hingga saat ini pemerintah pusat mencatat baru sembilan daerah yang benar-benar telah memangkas izin tersebut. Kesembilan daerah itu Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Maros, Bandung, Malang, Jambi, Pontianak, dan Manado.

"Kami sudah berikan penghargaan kepada tiap kepala daerah tersebut, harapannya daerah lain untuk segera merespon," ujarnya.

Sumber: Bisnis.com
Editor: Gokli


BNN-KEPRI