Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hilangkan Ego Sektoral

Gubernur Nurdin Ajak Semua Elemen Dayung Perahu Kepri ke Arah Kemajuan
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 11-08-2017 | 09:38 WIB
seminar-00.gif Honda-Batam
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat menghadiri Seminar International Pembangunan Bervisi Maritim di Kepulauan Riau, di Best Western Premiere Panbil, Batam, Kamis (10/8/2017). (Dok Humas Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengajak semua elemen masyarakat bersama-sama mendayung perahu Kepri bergerak melaju ke arah kemajuan, dengan cara mennghilangkan ego sektoral. Ini, agar ekonomi Kepri bisa bangkit dan kelesuhan yang terjadi saat ini tidak berlarut.

"Tak ada guna posisi yang strategis, potensi sumber daya yang besar, kalau birokrasi menyusahkan investasi yang ingin masuk. Ego sektoral tiap instansi membingungkan investor. Lepaskan ego sektoral," kata Nurdin saat menghadiri Seminar International Pembangunan Bervisi Maritim di Kepulauan Riau, di Best Western Premiere Panbil, Batam, Kamis (10/8/2017).

Gubernur mengilustrasikan segala potensi itu seperti sebuah cahaya lampu yang terang. Tapi sinar terang lampu itu tidak bisa menyinari lingkungan yang paling dekat. Ternyata ada tembok yang menghalangi dan masyarakat di sekitar yang tidak mau dan mampu memanfaatkan sinar itu.

"Tembok itu seperti birokrasi yang menyusahkan, etos kerja yang tak ada, disiplin yang lemah dan itulah yang harus dihancurkan. Dengan segala inovasi dan perkembangan teknologi, sinar terang itu harus bisa dimanfaatkan," kata Nurdin menggambarkannya.

Dengan tembok penghalang sudah dirobohkan dan ego sektoral dilepas, perlahan dan pasti, Nurdin yakin Kepri kembali bergairah ekonominya. "Yang terpenting adalah kemauan untuk bersama-sama menjadikan Kepri semakin baik," tegasnya.

Nurdin kembali mengingatkan masyarakat Kepri untuk menjadi bangsa bahari. Bangsa bahari itu punya sikap yang jujur, disiplin yang kuat, selalu bekerja keras dan memandang cakrawala jauh ke depan untu mendapatkan hasil terbaik.

Contoh keberhasilan bangsa bahari tampak pada Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit yang mampu menguasai banyak wilayah. "Jangan harap berubah kawasan ini kalau kita tidak disiplin, jujur dan bekerja keras," tambah Nurdin.

Pada kesempatan itu, Nurdin juga mengingatkan kembali bahwa Kepri harus memanfaatkan potensi bahari untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu industri pariwisata di Kepri juga terus didorong.

Seminar tersebut menghadirkan Prof Jay Keith Rosengard dari Harvard School University, mantan KSAL Laksamana TNI (Purn) Marsetio dan Agung Kuswandono, Deputi II Kemenko Maritim. Hadir juga Wali Kota Tangerang Provinsi Banten Airin Rachmy Diany, Wali Kota Kupang NTT, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Bupati Lingga Alias Wello, mantan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dan Sekdaprov Kepri HTS Arif Fadillah.

Arif saat membuka seminar tersebut mengatakan bahwa potensi bahari harus menjadi kekuatan Kepri. Karena potensinya memang sangat besar, seperti sumber daya hayati dan non-hayati, sumber energi terbarukan, mineral dan wisata bahari.

Ada juga potensi dari sektor perikanan, baik budidaya maupun tangkap. Termasuk pemanfaatan jasa pelabuhan dan labuh jangkar. "Semua ada, harus kita manfaatkan sebaik mungkin," kata Arif.

Mantan KSAL Marsetio menegaskan bahwa Kepri mempunyai potensi yang sangat luar biasa. Semua potensi untuk meningkatkan perekonomian daerah harus dimanfaatkan dengan sebaiknya.

Marsetio juga mengingatkan kepariwisataan yang kini tumbuh sangat cepat. Apalagi Pemerintahan Joko Widodo fokus pada sektor ini. Malah tahun 2019 ada target 20 juta wisatawan asing masuk ke Indonesia.

Editor: Gokli