PT Honeywell Indonesia di Bintan Resmi Tutup, Ratusan Karyawan Kehilangan Pekerjaan
Oleh : Harjo
Rabu | 02-08-2017 | 14:50 WIB
PT-Honeywell.gif
PT Honeywell Indonesia di Bintan

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - PT Honeywell Indonsesia di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam resmi tutup. Sebanyak 110 karyawannya kini menjadi pengangguran.

Hal ini disampaikan oleh Hasfarizal Handra kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Bintan, Rabu (2/8/2017).

"Pihak manajemennya sudah menyampaikan langsung bahwa PT Honeywell Indonesia di Lobam akan tutup total, saat ini sedang melakukan sosialisasi persiapan penyelesaiaan hak para karyawannya," terang Hasfarizal.

Dijelaskan, tutupnya PT Honeywell Indonesia yang memproduksi kotak hitam pesawat terbang di KIB Lobam, memang sudah menjadi keputusan Honeywell pusat. Mereka menutup cabang di Indonesia dan Singapura.

"Dari data yang ada, tercatat sebanyak 110 karyawan yang masih bekerja di perusahaan tersebut. Saat ini, kita masih menunggu laporan resmi terkait penyelesaiaan hal karyawan," tambahnya.

Yoserizal sekretaris Federasi Konstruksi Umum dan Informal (FKUI) SBSI Bintan menyampaikan tutupnya PT Honeywell Indonesia dari KIB Lobam otomatis menambah deretan jumlah pengangguran di Bintan.

"Tutupnya PT Honeywell selain menambah daftar pengangguran baru di Bintan, kemungkinan berdampak buruk juga terhadap PT AMC Lobam, karena prodak Honeywell sebagian dikerjakan oleh AMC. Itu belum lagi berbicara masalah perputaran uang di sekitar KIB Lobam atau dampaknya ekonomi masyarakat setempat," imbuhnya.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI