Mudik Lebaran 2017, BNN Tanjungpinang Tes Urine Semua Nakhoda dan Pilot
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Selasa | 20-06-2017 | 19:50 WIB
tes-urin-pramugari-di-Bandara-RHF.gif
BNN Tanjungpinang tes urine semua nahkoda dan pilot, jelang mudik Lebaran 2017 dan hasilnya negatif(Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Narkotika Nasional Kota Tanjungpinang melakukan tes urine bagi seluruh nakhoda, ABK kapal, pilot hingga pramugari dan pramugara yang akan melayani transportasi mudik lebaran 2017. Hal ini merupakan upaya meningkatkan keselamatan.

"Ini merupakan operasi bersinar 2017 untuk menjamin keselamatan umum penumpang dan ini merupakan perintah dari Kepala BNN melalui Deputi Pemberdayaan Masyarakat," ujar Heri Purwanto, Kasi Pencegahan dan pemberdayaan BNN Kota Tanjungpinang, saat dikonfirmasi BATAMTODAY.COM, Selasa (20/6/2017).

Ke?giatan ini dilakukan kepada seluruh nahkoda dan ABK Kapal yang ada di Pelabuhan Domestik maupun Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang. Baik itu kapal yang dari Batam, antar pulau yang ada di Kepri maupun kapal-kapal yang datang dan pergi dari Malaysia maupun Singapura.

"Untuk ABK dan nakhoda kapal yang dilakukan tes urin ada seluruhnya sejumlah 81 orang dan seluruhnya setelah dilakukan tes urin hasilnya negatif," katanya.

Selain itu, di Bandara Raja ?Haji Fisabililah, juga dilakukan operasi bersinar 2017, di mana dalam tes ini terdiri dari pilot, kopilot, pramugari dan pramugara.

"Untuk di Bandara seluruh yang dites urin ada sebanyak 19 orang, hasilnya negatif juga," ucapnya.

Menurutnya, pengecekan tes urin ini dilakukan bertujuan supaya seluruh nahkoda, ABK dan pilot berserta kopilot, pramugari dan pramugara memastikan mereka agar bebas dari narkoba dan alkohol.

?"Faktor Human Error dari seluruh nakhoda dan pilot menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan, ini yang kita hindari sehingga dilakukan cek urinnya agar betul-betul terhindar dari narkoba," pungkasnya.

Editor: Udin


BNN-KEPRI