Ini Tips Bikin Payudara Awet Muda
Oleh : Redaksi
Selasa | 20-06-2017 | 14:50 WIB
tips-payudara1.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Genome Biology menyatakan usia jaringan payudara bisa lebih cepat menua daripada bagian tubuh lainnya. Sebab itu, tak heran beberapa wanita memiliki payudara yang terlihat lebih layu ketimbang tubuhnya.

Berikut ini tindakan pencegahan agar payudara tetap kencang dan awet muda:

1. Lembapkan
Pendiri BreastCancer.org, Marisa Weiss, M.D. mengatakan jaringan payudara bisa naik dan turun setiap kali kamu mengalami kenaikan atau penurunan berat badan. Bentuk payudara juga mengalami fluktuasi selama kehamilan, menyusui, dan sebelum menstruasi setiap bulan.

Sebab itu, satu-satunya cara untuk menyelamatkan kulit payudara adalah dengan melembapkannya. Salah satunya adalah dengan rajin mengoleskan minyak kelapa asli ke payudara sambil memijatnya secara melingkar.

2. Bra yang sesuai
Payudara butuh penopang yang tepat sepanjang hari selama kamu beraktivitas. Ketika berolahraga, maka kamu membutuhkan bra khusus olahraga. Pakailah bra yang tepat untuk menghindari peregangan akibat gravitasi.

3. Kenali payudaramu
Weiss mengingatkan setiap perempuan untuk mengenali payudaranya setidaknya sebulan sekali. "Kamu harus belajar mengenal jaringan payudara dari waktu ke waktu. Jadi, kamu akan segera menyadari jika terjadi perubahan," ujar Weiss.

Setiap bulan setelah menstruasi, periksa payudara sendiri dari atas ke bawah, dari sisi ke sisi, dan dari belakang ke depan. Catat sesuatu yang tidak biasa, seperti tonjolan, dimpling, ruam, puting susu, dan perubahan ukurannya.

4. Berolahraga
Kamu bisa membuat payudara tampak kencang dengan latihan olah tubuh yang tepat. "Kamu bisa melatih tubuh bagian atas, terutama otot pectoral di mana payudara berada di atas otot ini," kata Weiss.

5. Duduk tegak
Selain melakukan operasi dan menggunakan bra push-up, cara terbaik untuk menangkal payudara yang kendur adalah dengan senantiasa melakukan postur tubuh sempurna. Duduk tegak akan membuat payudara terlihat lebih besar dan cara ini lebih murah daripada membeli push-up bra.

6. Jerawat di payudara
Jika muncul jerawat di payudara, jangan disentuh karena dapat meninggalkan bekas luka. Pakailah pembersih yang lembut atau obat jerawat topikal yang baik untuk kulit sensitif. Apabila jerawat tak juga hilang, konsultasikan ke dokter kulit.

7. Lindungi dari sinar matahari
Tidak hanya wajah, payudara juga membutuhkan tabir surya. Terutama jika kamu mengenakan pakaian dengan belahan terbuka atau bikini.

8. Jangan stress karena stretch mark
Tanda kecil yang mengganggu ini sebagian besar disebabkan oleh genetika. Tapi kabar baiknya, menurut Weiss, warna merah muda dan bengkak yang menyertai stretch mark pada payudara yang baru tubuh bisa pudar dan hilang seiring waktu.

Editor: Yudha


BNN-KEPRI