Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tersangka Tak Akui Beberapa Adegan

Rekontruksi Pembunuhan Umi Kalsum Banyak Kejanggalan
Oleh : Romi Chandra
Senin | 05-06-2017 | 13:50 WIB
rekonstruksi1.gif Honda-Batam
Salah satu adegan rekonstruksi pembunuhan Umi Kalsum. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satreskrim Polresta Barelang menggelar reka ulang atau rekontruksi kasus pembunuhan Umi Kalsum, yang jenazahnya ditemukan tergantung di Hutan Baloi Kolam, Senin (5/6/2017) di lapangan tembak Mapolresta.

Rekonstruksi digelar 18 adegan dengan tersangka Darwin. Namun ada yang menarik dalam rekonstruksi tersebut karena tersangka banyak tidak mengakui perbuatannya dalam beberapa adegan tersebut, sehingga terjadi banyak kejanggalan.

Akan tetapi penyidik Satrekrim Polresta Barelang tetap meneruskan reka ulang dan mengatakan agar tersangka membuat nota tidak terima nantinya.

"Nanti bikin nota tidak terima kalau tidak mengakui rekontruksi ini. Yang jelas sekarang jalani dulu. Semua adegan ini sesuai BAP yang dilakukan," ungkap penyidik.

Dalam adegan itu, dimulai dengan kedatangan Darwis bersama Umi Kalsum ke sebuah hotel pada malam hari. Dalam kamar sempat terjadi pertengkaran. Sehingga Darwis membujuk agar Umi bisa tenang.

Pada paginya, Darwis keluar untuk mrngantarkan rekannya bernama Ilyas ke Sekupang. Kemudian kembali ke hotel. Sementara malammya Darwis mengajak Umi pergi keluar.

Saat kembali, Darwis turun dari mobilnya sendiri dan menuju kamar. Sementara ia mengaku kalau Umi masih tinggal di mobil bersama tas pakaian miliknya.

Sedangkan pada rekaman CCTV serta keterangan dari sekuriti, di dalam mobil itu terlihat Darwis bersama seorang pria berperawakan tinggi. Tidak ada wanita dalam mobilnya. Yang ada hanya dua orang pria, Darwis dan satu orang pria lainnya. Saat ini pria tersebut masih dalam pengejaran.

"Sekarang Darwis masih bisa berkilah, karena pria yang bersamanya itu belum ditemukan. Pria itu yang akan menjadi saksi kunci," kata penyidik.

Editor: Yudha