Rudi dan Semangatnya dalam Mengejar Ban Hitam Karate
Oleh : CR-15
Rabu | 17-05-2017 | 17:38 WIB
rudi-728x349.gif
Rudi paling kiri saat berada di Palembang beberapa waktu lalu (Foto: Ist/ CR-15)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Hasran Rudi Hartono atau yang akrab disapa Rudi adalah sosok muda yang telah berhasil meraih sabuk hitam (Yudansha) dalam Lembaga Karatedo Indonesia (Lemkari).

Kepada BATAMTODAY.COM, Rudi mengatakan bahwa ia telah berlatih karate dengan keras dari kelas 5 SD sampai lulus SMA. Pemuda yang lahir di Tanjung Talok 20 September 1995 silam ini, dulunya bercita-cita ingin menjadi atlet olahraga sepakbola.

"Saya satu-satunya perwakilan dari Bintan yang bulan kemarin mengambil sabuk hitam di Palembang, saya berangkat beserta dengan kontingen dari Batam," ungkapnya, Rabu (17/5/2017).

Menurutnya, di Tanjunguban baru sekitar 5 orang yang sudah sabuk hitam dan semuanya berusia dewasa.

"Lumayan sulit untuk bisa mencapai sabuk hitam, karena prosesnya butuh kesabaran, semangat yang gigih dan mental yang kuat," terangnya.

Dulunya, ia mengaku sempat vakum dari karate selama 2 tahun. Namun berkat dukungan dan dorongan positif dari guru karatenya yang bernama Sukardila atau yang biasa ia panggil Utai, Rudi berhasil meraih tingkat sabuk tertinggi di karatedo tersebut.

"Yang memberikan saya semangat hingga bisa mencapai hasil akhir seperti saat ini adalah guru saya. Ia berpesan bahwa karate maupun semua hal yang kita tekuni itu pasti memiliki titik jenuh. Kita pasti akan merasakan perasaan bosan saat menjalaninya. Intinya itu adalah niat dari hati, mau ke mana tujuan kita, karena semua yang kita kerjakan itu pasti ada hasil akhirnya jika kita bersungguh-sungguh menjalaninya," ucap Rudi.

Rudi membeberkan, awalnya ia hanya ikut-ikutan teman saja sambil mencari kegiatan positif, dari pada bermain yang tidak jelas.

"Keinginan saya sekarang, ingin membuka tempat latihan sendiri (Dojo) agar dapat membagi ilmu ke adik-adik serta menciptakan bibit-bibit karatedo muda yang dapat membawa nama baik Bintan di ajang-ajang karatedo nantinya," harap Rudi.

Editor: Udin


BNN-KEPRI