Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gresini Mundur di Valencia
Oleh : Dodo/Bolanews
Selasa | 25-10-2011 | 17:45 WIB
gresini.jpg Honda-Batam

Marco Simoncelli dan Fausto Gresini, kebersamaan di Sepang musim 2010. (Getty Images)

MONZA, batamtoday - Menyusul kematian tragis Marco Simoncelli di GP Malaysia, Minggu (23/10), San Carlo Honda Gresini akan mundur dari seri terakhir musim ini, MotoGP Valencia, yang akan berlangsung pada 6 November mendatang.

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh bos tim, Fausto Gresini, yang mengatakan bahwa timnya tak akan berpartisipasi di seri berikutnya di Valencia. "Yang pasti adalah tim saya tak akan berpartisipasi di Grand Prix berikutnya di Valencia, atau uji coba yang dilakukan setelah balapan," ujar Gresini seperti dilansir Crash.net.
Gresini sebelumnya juga pernah mengalami kehilangan seorang pebalap, di mana Daijiro Kato kehilangan nyawanya ketika berlaga di Sirkuit Suzuka 2003 silam. Kematian Simoncelli adalah yang pertama di kelas utama itu sejak Kato.
Bicara mengenai Simoncelli, yang sudah membela Gresini sejak debut MotoGP yang didapatnya awal 2010 lalu dan telah menandatangani perpanjangan kontrak untuk musim 2012, Fausto mengatakan:
"Saya memiliki begitu banyak kenangan di dalam benak saya selama dua tahun bersama. Marco adalah orang yang spontan, selalu melakukan yang ia pikir tepat, dengan hati bagai emas dan selalu gembira. Saya tak pernah melihat dirinya marah sekali pun."
"Seorang anak yang istimewa yang datang dari keluarga yang istimewa pula. Ia dan ayahnya sangat dekat, seperti kakak beradik," lanjut Gresini mengenai kenangan akan sosok Simoncelli.
Simoncelli, juara dunia 2008 untuk kelas 250cc, finis di posisi kedelapan pada musim pertamanya sebagai rookie di MotoGP, dan semakin berkembang di musim kedua dengan meraih dua kali pole dan dua kali podium. Bahkan pebalap asal Italia itu baru saja mengklaim podium terbaiknya saat finis di posisi kedua di Australia, tepat tujuh hari sebelum ia berlaga di Malaysia.