Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Gelar Pertemuan dengan KPU dan Bawaslu Kepri

Persiapan dan Pendanaan Pilkada Kepri Difinalisasi Hari Ini
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 10-03-2015 | 10:10 WIB

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Muhammad Sani diagendakan akan menggelar pertemuan dengan KPU dan Bawaslu Kepri untuk membahas persiapan dan alokasi pendanaan pilkada Kepri dan pilkada kabupaten/kota di Dompak, Selasa (10/3/2015).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kepri, Naharuddin, mengatakan rapat persiapan‎ dan pendanaan pilkada di Kepri ini merupakan tindak lanjut rapat yang telah dilaksanakan sebelumnya, yang juga akan dihadiri Kepala Biro Perencanaan Polda Kepri, SKPD Kepri, sepreti BKKAD, Kesbangpollinmas, Dinas Kependudukan dan instansi lainnya. 

"Selain persiapan pilkada, hal yang paling utama yang akan dibahas adalah masalah pendanaan, khususnya alokasi menyeluruh yang dibutuhkan KPU, Bawaslu dan instansi lainnya," kata Naharuddin.

Sebagaimana dalam rapat sebelumnya, kata Naharuddin, Pemerintah Provinsi Kepri, telah mengalokasikan Rp 86,7 miliar dana penyelenggaraan Pilkada di Kepri. Untuk menajamkan pengalokasian dana, Pemerintah Provinsi Kepri akan melihat dan melakukan pembahasan secara mendetail total alokasi dana yang dibutuhkan.

"Dalam rapat ini, nantinya akan kita lihat berapa total alokasi seluruhnya yang dibutuhkan, dan berapa masing-masing alokasi dana yang dibutuhkan, KPU, Bawaslu serta perangkat lainnya. Lalu dengan alokasi dana yang sudah kita cadangkan sebelumnya, Rp 86,7 miliar, akan kita bagikan pada KPU, Bawaslu dan Polda sebagai pelaksana pengamanan," ujarnya.

Jika dari alokasi dana yang dicadangkan masih mengalami kekurangan setelah dibahas dan dilakukan rasionalisasi efesiensi. Maka sisanya akan dialokasikan pada APBD Perubahan 2015 mendatang. 

Sebelumnyam Sani mengatakan untuk pelaksanaan pilkada, KPU Kepri, harus mempersiapkan segala sesuatunya. Mengenai pengalokasian anggaran, baru dalam pertemuan itu dibicarakan, akibat masih berubahnya Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri, serta peraturan lainnya sebagai juklak dan juknis anggaran maupun kegiatan.

"Demikian juga mengenai ketersediaan dana dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota. Kita akan terus monitor dan sinkronkan alokasi anggaran pelaksanaan pilkada ini," kata Sani, Selasa (3/3/2015).

Adapun total dana awal sebagai dana awal pilkada Provinsi dan Kabupaten/kota di Kepri, Sani menyatakan telah mencadangkan Rp 86,7 miliar pada APBD 2015 murni, yang akan digunakan KPU, Bawaslu dan operasional pelaksanaan pengamanan. 

Editor: Dodo