Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

ICMI Siap Perkuat Ekonomi Kerakyatan
Oleh : Redaksi
Minggu | 05-12-2010 | 18:22 WIB

Bogor, Batamtoday - Muktamar V Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) di Kota Bogor, Jawa Barat, 4-7 Desember 2010, diharapkan dapat membantu upaya organisasi tersebut dalam gerakan memperkuat ekonomi kerakyatan, kata Sekretaris ICMI Organisasi Wilayah Bogor, Abidin Said, Minggu (5/12/2010).

"ICMI hadir antara lain untuk menjawab tuntutan masyarakat dalam memperkuat ekonomi kerakyatan," ujar Abidin Said.

Oleh karena itu, ia mengemukakan, Muktamar V ICMI yang dilangsungkan di Kota Bogor diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum yang tepat dalam merajut kembali asa tersebut.

"Kami berharap Muktamar V ICMI dapat mendorong penguatan ekonomi kerakyatan," ujar Abidin Said yang menjabat sebagai ketua panitia daerah perhelatan akbar lima tahunan tersebut.

Menurut Abidin, saat ini gerakan ICMI difokuskan pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan melalui pendirian BPR dan bank-bank syariah.

Pengembangan perbankan syariah, sambung dia, menjadi jalan yang tepat bagi ICMI dalam upaya menggerakan perekonomian umat.

"Keberadaan perbankan syariah yang dikelola ICMI maupun pengurus ICMI dapat menguatkan gerakan penguatan ekonomi kerakyatan yang dikembangkan ICMI," ujarnya. 

Muktamar ke-V ICMI di Istana Bogor, dihadiri sekitar 1.000 lebih peserta yang mewakili pengurus orwil (Organisasi Wilayah) dalam dan luar negeri.

Muktamar ke-V ICMI itu dibuka oleh Wakil Presiden Boediono. Mantan Presiden sekaligus Ketua Dewan Kehormatan Bacharuddin Jusuf Habibie juga tampak hadir dalam acara pembukaan.

Dalam acara pembukaan tersebut tampak tokoh-tokoh ICMI yang kini memegang jabatan di pemerintahan. Di antaranya Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa yang juga sebagai Presidium ICMI dan Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh.

Selain itu, hadir pula Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, Menteri Agama Suryadarma Ali, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, Menteri BUMN Mustafa Abubakar.

Begitu juga tampak Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso, Mantan Ketua ICMI Adi Sasono, Mantan Menteri BUMN Sugiharto.

ICMI merupakan organisasi kaum intelektual Islam Indonesia yang berdiri pada 7 Desember 1990 di Universitas Brawijaya, Malang. Saat ini ICMI dipimpin oleh presidium yang terdiri dari lima orang, yaitu Marwah Daud Ibrahim, Nanat Fatah Natsir, Hatta Rajasa, Muslimin Nasution dan Azyumardi Azra.