Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nasdem Jogya Terakhir Diresmikan

Nasdem Didesak Anggota Menjadi Parpol
Oleh : Surya/Tunggul Naibaho
Jum'at | 21-01-2011 | 15:42 WIB
Nasdem1.jpg Honda-Batam

Deklarasi Nasional Demokrat (Nasdem) wilayah DKI Jakarta digelar di Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, Minggu 12 Desember 2011, Jefrie Geofani didapuk sebagai ketua Nasdem DKI Jakarta. (Foto: Ist)

Jakarta, batamtoday - Para anggota organisasi massa (ormas) Nasional Demokrat (Nasdem) mendesak agar Nasdem segera berubah menjadi partai politik (parpol) dan ikut dalam pemilu 2014 nanti. Pada akhir Januari tahun ini kepengurusan Nasdem di Provinsi akan lengkap 33 cabang, dan direncanakan Nasdem Jogya akan diresmikan paling akhir, sebagai gong.

Demikian disampaikan Ketua Bidang Organisasi Dewan Pimpinan Pusat Nasional Demokrat Ferry Mursyidan Baldan di Gedung DPR Jumat 21 Januari 2011.

"Kebetulan Jogya akan jadi gongnya," kata Ferry.

Ferry mengatakan, pada akhir Januari 2011 ini kantor Nasional Demokrat sudah ada di 33 provinsi. Sampai hari ini, Nasdem telah membuka cabang di 25 provinsi dan 103 kabupaten/kota.

Delapan kantor cabang terakhir yang akan diresmikan berturut-turut adalah, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Bali, Jawa Barat (Bandung), Maluku (Ternate) Utara, Maluku, Sulawesi Tengah (Palu), dan Yogya.

Ferry mengakui memang mulai ada desakan dari kalangan internal Nasdem untuk segera merubah dirinya dari ormas menjadi parpol.

"Yaa, kalangan internal sudah mulai menyuarakan aspirasi mereka, agar Nasdem segera berubah menjadi parpol," ungkap Ferry.

Namun Ferry mengatakan Nasdem tidak akan berubah menjadi partai politik dalam waktu dekat. Ferry menjelaskan, soal perubahan itu selain ada perhitungan politiknya, pun  juga harus melalui mekanisme tertentu.

"Kemungkinan untuk itu (menjadi parpol) selalu ada. Tapi tujuan awal kami kan membangun ormas," kata Ferry.

"Jadi, ke arah mana Nasdem nanti, akan diputuskan lewat mekanisme. Kalau pilihan menjadi parpol akan dapat mempercepat proses restorasi bangsa. seperti diusung Nasdem dalam visi dan misinya, yaa, kami bersyukur," ujar Ferry.