PKP

Indonesia-Jerman Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bidang Ekonomi
Oleh : Redaksi
Sabtu | 15-09-2018 | 16:04 WIB
kemenlu1.jpg honda-batam
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melqkukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas. Sumber : dokumen Kemenlu.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, Jumat (14/9/2018) waktu Jerman. Fokus pembicaraan kedua Menlu di antaranya meningkatkan kerja sama bidang ekonomi Indonesia-Jerman.

"Kami telah membahas sejumlah isu untuk memperkuat kerja sama kedua negara dan kami setuju untuk meningkatkan kerja sama bidang ekonomi. Jerman adalah investor terbesar keempat Indonesia dan mitra dagang terbesar dari Eropa. Di sektor pariwisata, ada peningkatan kunjungan turis Jerman yang sangat signifikan ke Indonesia pada 2017," kata Retno.

Terkait upaya kedua negara untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, Menlu Retno dan Maas sama-sama menyambut baik rencana penyelenggaraan Asia Pacific Business Conference yang akan dilaksanakan pada 2-3 November 2018 di Indonesia. Rencananya, acara itu akan dihadiri oleh sejumlah CEO dan pengusaha besar dari Jerman.

"Forum ini dapat membuat para pebisnis kita melihat potensi dari eratnya hubungan Indonesia dan Jerman,” kata Retno.

Selain melakukan pertemuan bilateral, kedua Menlu sebelumnya membuka pertemuan Bali Democracy Forum (BDF) Chapter Berlin, yang pada 2018 Eropa menjadi tuan rumah penyelenggara. Pada 2018, BDF Chapter Berlin mengangkat tema demokrasi dan migrasi, yang dinilai Retno sangat tepat untuk menyelesaikan tantangan dan membahas pembangunan demokrasi di kawasan Asia dan Eropa yang dihadapi kedua negara saat ini.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha