PKP

Momen Lebaran Haji Banyak Warga Bintan Melangsungkan Pernikahan
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum\'at | 14-09-2018 | 15:40 WIB
kakankemenag-bintan1.jpg honda-batam
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, M. Nasir. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Momen lebaran idul fitri dan lebaran haji banyak warga di Kabupaten Bintan untuk melaksanakan pernikahan. Uniknya sering kali dilakukan seakan serentak.

Kepala Kantor Kemenag Bintan, M Nasir mengaku catatan KUA yang dipimpinnya kerap mengalami peningkatan permohonan pernikahan hingga 100 persen usai lebaran Idul Fitri dan Idul Adha.

"Mayoritas dua hari raya itu, banyak masyarakat yang melangsungkan pernikahan. Itu terbukti dari catatan kita hingga saat ini," ujar Nasir saat ditemui di Ceruk Ijuk, Jumat (14/9/2018).

Peningkatan pernikahan itu disebabkan mindset masyarakat yang menganggap bahwasannya pada musim pasca lebaran adalah bulan baik. Namun, Nasir justru kurang sependapat dengan pandangan tersebut. Karena semua bulan adalah baik untuk melangsungkan pernikahan.

"Mindset masyarakat kita menganggap kalau di bulan tertentu itu adalah bulan baik. Padahal semua bulan baik," kata Nasir.

Jika dibandingkan pada hari biasa, pasangan yang menikah setiap bulannya itu berkisar 15 hingga 25 pasangan. Namun yang terpenting kata dia, pasangan yang menikah hendaknya terdaftar di KUA setempat.

"Sebenarnya yang penting itu, pernikahan yang sah menurut agama dan terdaftar di KUA setempat," timpal Nasir.

Editor: Yudha