PKP

Jarang Hadiri Paripurna, Sejumlah Anggota DPRD Kepri Pertanyakan Keberadaan Gubernur
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 13-09-2018 | 16:04 WIB
paripurna-dprd-kepri1.jpg honda-batam
Sidang paripurna DPRD Kepri. (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Keberadaan Gubernur Kepri Nurdin Basirun dipertanyakan sejumlah anggota DPRD Kepri. Pasalnya, Gubernur jarang hadir dalam rapat paripurna DPRD.

Hal itu dikatakan Anggota DPRD Kepri Irwansayah dan sejumlah anggota DPRD Kepri lainya pada sidang paripurna penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Zonasi Wikayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) di gedung DPRD Kepri, Kamis (13/9/3018).

"Wak Din (Pak Nurdin-red), kemana," ujar Irwansyah usai sidang paripurna.

Pertanyaan yang sama juga diungkapkan sejumlah anggota DPRD Kepri lainnya. Beberapa kali sidang paripurna DPRD yang hanya mengutus wakil gubernur Kepri Isdianto.

"Selain Gubernur, kehadiran Kepala OPD pada sidang paripurna di DPRD juga sangat jarang," sebut Anggota DPRD lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil gubernur provinsi Kepri Isdianto mengatakan, ketidak hadiran gubenur pada beberapa kali paripurna di DPRD akibat dari adanya kesibukan dan urusan pemerintahan lain yang dilaksanakan. Selain itu, dirinya sebagai wakil gubenur, dikatakan Isdianto, tentu akan menjalankan apa yang diperintahkan gubernur.

"Beliau (Gubernur-red) ada lagi memimpin rapat persiapan pelaksanaan Hari Jadi Provinsi Kepri ke-16 tahun, jadi memerintahkan saya sebagai wakil menggantikan beliau untuk menghadiri rapat paripurna DPRD ini," ujar Isdianto.

Sedangkan mengenai sindiran sejumlah Anggota DPRD tentang kepala OPD yang juga jarang hadir dalam setiap kegiatan Paripurna DPRD kendati yang dibahas sering menyangkut kinerja dari masing-masing OPD, Isdianto mengatakan hal itu akan menjadi masukan yang akan disampaikan pada masing-masing OPD.

Namun demikian, Isidanto juga membela, jika ada sejumlah kepala dinas OPD yang tidak hadir pada paripurna Ranperda RZWP3K yang disampaikan ke DPRD saat itu, juga disebebkan adanya kegiatan masing-masing yang juga penting dilaksanakan oada saat yang bersamaan.

"Semua OPD tentu mendukung semua kegiatan program pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah dan DPRD Kepri," ujarnya.

Editor: Yudha