Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BP Batam Luncurkan BLINK, Mobil Layanan Keliling Pengurusan IPH dan UWT
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 09-08-2018 | 19:52 WIB
peluncuran-BLINK.jpg Honda-Batam
Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo bersama jajaran dan perwakilan BKPM RI saat meluncurkan BLINK. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam, resmi meluncurkan BP Batam Layanan Keliling (BLINK). Peluncuran ini ditandai dengan penekanan tombol sirine yang dilakukan oleh Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo bersama perwakilan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Polri, dan pengusaha di Swissbell Harbourbay Hotel, Kamis (09/08/2018).

Saat ini, BP Batam menyediakan dua layanan mobil keliling yang diperuntukkan melayani masyarakat. Untuk pengurusan Izin Peralihan Hak (IPH), dan perpanjangan Uang Wajib Tahunan (UWT).

Lukita juga berharap, dengan adaya bentuk layanan baru itu legalitas kepemilikan lahan atau kepemilikan rumahnya ke depan semakin jelas. "Dari situ ada dampak penerimaan, pasti. Untuk IPH dan UWT. Tetapi berapa besarannya belum bisa diperhitungkan," ujar Lukita.

Lukita juga menambahkan, saat ini BP Batam masih melihat respon masyarakat. Walaupun dari survei yang dilakukan pihaknya sebelum diluncurkan, masyarakat menyambut baik kehadirannya.

Dengan BLINK, kini masyarakat dapat bertanya langsung kepada petugas dari BP Batam. Begitu juga dengan tarifnya lebih jelas.

Di tempat yang sama, Deputi V BP Batam Bidang Pelayanan Umum, Bambang Purwanto menjelaskan BP Batam Layanan Keliling akan mulai beroperasional tiga kali dalam seminggu. Yakni setiap Senin, Rabu dan Kamis.

Dan 14 orang petugas akan melayani warga, dan dibagi dalam dua tim, untuk IPH dan perpanjangan UWT.

Tahap awal, pelayanan ini akan mulai berjalan Senin mendatang. Di mana daerah pertama merupakan kurang lebih 650 warga yang berada di RW06 Kelurahan Baloi, Kecamatan Lubukbaja, mencakup Perumahan Anggrek Permai Residence, Perum Anggrek Permai, Perum Garden Point, Perum Baloi Paradise, Perum Baloi Mas Permai, Perum Baloi View dan Perum Krisya Residence.

Minggu ke dua, BLINK akan menjangkau warga di RW04 Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota. Di sana terdapat lebih kurang 750 kepala keluarga. Mencakup Perum Orchid Park dan Perum Kembang Sari.

Minggu ke tiga, mobil akan berpindah tempat ke RW05 Kelurahan Sei Jodoh, Kecamatan Batuampar. Ada lebih kurang 400 kepala keluarga di sana. Mencakup Perum Happy Valley Garden, Perum Sumber Agung, Perum Angkasa Utama, Perum Bumi Sarana, Orchid Point dan Jodoh Permai.

"Siapapun akan dilayani. Jadi meski tempatnya nanti di Baloi, warga dari daerah lain juga akan dilayani. Tetapi ini masih dalam proses memulai, pasti ada kendala. Kita tetap jalan dulu, kekurangan akan kita perbaiki," kata Bambang.

Editor: Gokli