Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inflasi Kota Tanjungpinang Pada Juni 2018 Alami Penurunan
Oleh : Habibi
Sabtu | 04-08-2018 | 16:04 WIB
inflasi-tpi-riono1.jpg Honda-Batam
Ketua TPID Tanjungpinang, Riono (dua dari kiri). (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Tanjungpinang, Riono mengunkapkan bahwa inflasi kota Tanjungpinang di bulan Juni lebih rendah bulan Mei 2018.

Berdasarkan hasil rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) awal pekan lalu, diketahui bahwasanya inflasi Tanjungpinang pada bulan Juni berhasil ditekan hingga 0,24 persen.

"Kita tentu bersyukur, inflasi di bulan Juni lebih baik dari Mei lalu. Bulan Mei inflasi Tanjungpinang sampai 0,51 persen lo. Namun dibulan Juni inflasi kita menurun hingga 0,24 persen," ujar Riono, Sabtu (4/8/2018).

Riono menambahkan bahwa kunci dari pengendalian inflasi ini adalah ketersediaan stok kebutuhan masyarakat di Kota Tanjungpinang. Dan ini berhasil dilakukan TPID dalam menekan Distributor untuk terus menjaga ketersediaan stok kebutuhan masyarakat.

"Saya mengucapkan terimakasih atas kerja keras semua tim atas keberhasilan ini dan selalu menjalin koordinasi saat dilapangan sehingga dapat menjaga dan mengendalikan inflasi dengan baik," kata Riono.

Riono berharap keberhasilan ini harus tetap dipertahankan bahkan harus ditingkatkan lebih baik lagi, terutama dapat menekan harga kebutuhan masyarakat, khususnya untuk komoditas yang menyumbang inflasi di Kota Tanjungpinang.

Pemaparan dari BPS Kota Tanjungpinang bahwa ada 61 Komoditas yang mengalami kenaikan harga dibulan Juni. Komoditas tersebut, kata Riono, diantaranya angkutan udara, harga sayur bayam, daging ayam ras serta bawang merah sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga diantaranya ikan selar, cabai merah, sotong dan sebagainya.

"Namun di antara semua komoditas penyumbang inflasi yang tertinggi adalah angkutan udara, karena pada saat itu masih libur panjang di bulan Juni," terang Riono.

Editor: Yudha