Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemenko Maritim Sebut Mimpi Indonesia untuk Jadi Poros Maritim Dunia Ada di Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 03-08-2018 | 09:16 WIB
rapat-maritim.jpg Honda-Batam
Rapat koordinasi penguatan perencanaan dan pengembangan potensi ekonomi maritim, Kemenko Maritim dengan Pemerintah Provinsi Kepri, Rabu (1/8/2018). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Maritim Kemenko Maritim Dr Sugeng Santoso mengatakan, semua potensi yang menjadi mimpi Indonesia sebagai poros maritim dunia ke depan ada di Kepulauan Riau.

"Ini luar biasa, Kepri punya potensi di bidang maritim, pariwisata, industri dan ekonomi kreatif. Keempat keunggulan ini adalah apa yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Pusat sebagai negara maritim," kata Sugeng, dalam rapat koordinasi penguatan perencanaan dan pengembangan potensi ekonomi maritim, Kemenko Maritim dengan Pemerintah Provinsi Kepri, Rabu (1/8/2018).

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, tambah dia, poros maritim merupakan sebuah gagasan strategis Indonesia yang diwujudkan untuk menjamin konektivitas antar pulau, pengembangan industri perkapalan dan perikanan, perbaikan transportasi laut serta fokus pada keamanan maritim.

Pusat gravitasi geo-ekonomi dan geo-politik telah bergeser dari Barat ke Asia Timur, dan ini membuat negara-negara terus bangkit. Momen inilah yang kemudian mendorong Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Sugeng juga mengatakan, jika visi Pemerintan Provinsi Kepri sangat cocok sebagai provinsi yang wilayah lautnya lebih dominan dibanding daratan. Adapun visi Kepri adalah 'Terwujudnya Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu yang Sejahtera, Berakhlak Mulia, Ramah Lingkungan dan Unggul di Bidang Maritim'.

"Saya baca visi unggul di bidang maritim ini sangat tepat sekali. Apalagi Kepri punya Bintan, Anambas dan lainnya yang keindahan lautnya luar biasa. Dan bahkan disebut-sebut sebagai Maldivesnya Indoneaia," ujarnya.

Sementara, Wakil Gubernulur Kepri, Isdianto berharap, rapat koordinasi ini berjalan dengan baik. Serta meminta agar apa pun yang sudah menjadi program Pemerintah Pusat untuk di Kepulauan Riau ini segera dilaksanakan, jangan ditunda-tunda lagi.

Dengan kondisi keuangan yang sedang devisit saat ini, seperti halnya yang dialami juga oleh daerah lain. Isdianto mengaku juga daerah memang membutuhkan campur tangan pusat untuk membangun daerah.

"Semoga rapat ini membuahkan hasil yang positif, dan apa-apa yang sudah diprogramkan Kemenko Maritim untuk di Kepri ini agar segera terealisasi. Jika Pemerintah Pusat menyediakan pancing, maka kami akan menyiapkan umpannya. Dan segala potensi di Kepri ini bisa tergali guna mensejahterakan masyarakat," ungkap Isdianto.

Editor: Gokli