Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungi BP Batam, KPK Minta Dorong Pengurusan Perizinan Secara Elektronik
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 01-08-2018 | 11:04 WIB
kpk-bp-batam.jpg Honda-Batam
Rombongan KPK dipimpin Aldiansyah Malik Nasution berkunjung ke Badan Pengusahaan (BP) Batam. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pencegahan tindak pidana korupsi di instansi pemerintah terus digalakkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Hal tersebut menjadi topik utama dari kedatangan perwakilan KPK yang dipimpin Aldiansyah Malik Nasution, ke Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Sebelum berkunjung ke BP Batam, Aldiansya menjelaskan mereka lebih dulu datang ke Gedung Pemko Batam. Di mana dalam kunjungan mereka, topik pembahasan pencegahan korupsi menjadi topik hangat.

"Kami berkunjung ke BP Batam dalam rangka koordinasi. Selanjutnya kami akan banyak bertemu dan berdiskusi terkait program-program pencegahan korupsi," kata Koordinator Supervisi dan Pencegahan KPK, Aldiansyah Malik, Selasa (31/07/2018) sore.

"Tak ada bahas kasus (di dalam), kita bicara pencegahan. Di KPK kan ada program pencegahan. Perbaikan sistem kita dorong, gunakan aplikasi elektronik dan tak ada pungutan-pungutan," ujarnya.

Sementara itu, Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto mengatakan, dalam pertemuan itu pihaknya menyampaikan tugas-tugas BP Batam, pendapatan BP Batam, perizinan apa saja yang ada di BP Batam dan lainnya.

"Tadi juga dibahas bagaimana supaya tidak terjadi korupsi. Langkahnya apa. Pencegahan akan kita lakukan dengan sistem yang ada," kata Bambang.

Nantinya dari pertemuan itu akan diteruskan lagi kepada pegawai BP Batam lainnya. "Intinya untuk korupsi ini kita betul-betul harus tolak. Hilangkan dan meniadakan korupsi di lingkungan BP Batam. Mulai dari bawah ke atas. Sama," ujarnya.

Dengan adanya program pencegahan korupsi tersebut, pihak KPK berharap tindak pidana korupsi dapat ditekan.

Editor: Gokli