Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harley Davidson Model Softail Paling Laris di Indonesia
Oleh : Redaksi
Rabu | 25-07-2018 | 12:41 WIB
harley-softail1.jpg Honda-Batam
Harley Davidson Softail Heritage Classic 114. Tempo/Pribadi Wicaksono

BATAMTODAY.COM, Yogyakarta - Pecinta Harley Davidson di Indonesia diklaim terus mengalami pertumbuhan beberapa tahun terakhir. Revo Rozari, Sales Consultant Anak Elang Harley Davidson selaku salah satu dealer motor Harley Davidson Jakarta menuturkan tipe softail masih mendominasi penjualan.

"Konsumen Indonesia paling banyak cari tipe softail atau yang dikhususkan untuk touring," ujar Revo saat ditemui di sela pameran event Indonesian Heritage Motorcycles di Candi Prambanan Yogya Sabtu 21 Juli 2018.

Dalam kurun waktu 2017, ujar Revo, pihaknya telah menjual sekitar 30-an unit Harley Davidson tipe softail. Jumlah penjualan tipe softail ini jauh berbeda dengan tipe-tipe lain semacam sportster yang tak mencapai seperempatnya.

Adapun dari tipe softail yang diburu paling banyak varian Road Glide Ultra yang bodinya memang paling bongsor dibanding varian lain seperti Street Glad, Ultra Limited, Road King dan lainnya.

Kisaran harga tipe softail Road Glide sendiri sekitar Rp 1,4 miliar (on the road). Sedangkan untuk pecinta Harley pemula, ujar Revo, kebanyakan mengincar seri Street 500 yang harganya paling miring yakni Rp 300 jutaan (on the road). Dan untuk para kolektor lama mengincar seri seri seperti CVO Ultra Limited yang harganya sekitar Rp 2,1 miliar (on the road).

CVO Ultra sendiri masih menjadi yang termahal harganya dari semua varian dan tipe Harley yang ada saat ini. Revo menuturkan meski harga Harley terhitung masih paling mahal dibanding motor gede pabrikan lain semacam Triumph dan BMW, namun pihaknya optimis Harley tetap bisa menguasai pasar jauh lebih besar.

"(Motor-motor dari) Triump juga BMW harganya lebih kompetitif dibanding Harley, tapi brand image Harley masih lebih mendunia, jadi kami tak terlalu khawatir meski harga lebih mahal," ujarnya.

Revo melanjutkan Harley diklaim memiliki lebih banyak tipe pilihan untuk konsumen. Sedangkan merek lain hanya memiliki lebih sedikit tipe. Misalnya saat bersanding dengan Triumph, hanya tipe sportster dari Harley Davidson saja yang harus bersaing. Tipe lainnya aman tanpa pesaing.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha