PKP

Sistem OSS Sejalan dengan Pencanangan Tahun Investasi 2018 Kadin Batam
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 10-07-2018 | 17:16 WIB
tahun_inves1.jpg honda-batam
Peluncuran Investasi 2018 Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution secara resmi telah meluncurkan Sistem Perijinan Terpadu Online Single Submission (OSS) di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Batam, Jadi Rajagukguk, menyambut baik peresmian sistem perizinan OSS, yang dinilai sejalan dengan pencanangan Tahun Investasi 2018 Batam oleh Kadin Batam.

Dijelaskan, sistem layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE/OSS) ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, dan diharapkan dapat memangkas jalur birokrasi dan mendorong percepatan sistem perijinan dalam berusaha.

"OSS ini hadir dalam rangka percepatan pelayanan perizinan berusaha yang berlaku di semua Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia, yang selama ini dilakukan melalui Perijinan Terpadu Satu Pintu (PTSP)," ungkap Jadi kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (10/7/2018).

Selain melalui PTSP, masyarakat dapat mengakses sistem OSS secara daring di manapun dan kapanpun. Sesuai yang sampaikan Menko Darmin, melalui OSS ini izin berusaha akan didapat oleh pelaku usaha dalam waktu kurang dari satu jam.

Bahkan, calon pengusaha atau investor bisa mengetahui secara langsung apakah mereka mendapat insentif dan jenis insentif apa yang didapat lewat OSS. Jadi berharap dapat diterapkan di Batam.

Menurtnya, kehadirian OSS bisa berdampak positif, terutama bagi yang baru akan memulai berusaha dan investor dari luar negeri yang selama ini masih mengeluh soal standar perijinan di pusat dan daerah.

"Ini merupakan kabar baik bagi masyarakat dunia usaha, Kamar Dadang dan Industri (KADIN) Batam akan membantu pemerintah untuk menyampaikan dan menjelaskan kepada masyarakat dunia usaha dan investor," pungkasnya.

Editor: Yudha