Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPD RI Apresiasi Kinerja Pemerintah dalam Selenggarakan Pilkada Serentak 2018
Oleh : Irawan
Sabtu | 30-06-2018 | 08:04 WIB
oso_muqowan_pilkada1.jpg Honda-Batam
Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang menggelar konferensi pers soal pelaksanaan Pilkada Serentak 2018

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Proeses pemilihan calon kepala daerah yang dihelat Komisi Pemilihan Umum Daerah secara serentak 2018 berjalan lancar, aman dan damai. Hasilnya pun hampir pasti telah diketahui, meski masih dalam versi quick count atau hasil hitung cepat sementara. Namun, masih terdapat sejumlah titik yang harus melakukan pemungutan suara ulang. Meski demikian, diyakini tetap kondusif.

Terkait itu, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) mengapresiasi kerja keras para pihak penyelenggara pilkada serentak tersebut. DPD RI menyampaikan terima kasih kepada jajaran KPU, Bawaslu, Pemerintah Daerah, aparat keamanan penegak hukum (POLRI dan TNI) dan masyarakat yang telah menyelenggarakan dan mensukseskan Pilkada Serentak 2018. Tiga provinsi yang sebelumnya diprediksikan rawan konflik, yaitu Papua, Maluku dan Kalimantan Barat ternyata berjalan dengan aman.

"Alhamdulillah Indonesia aman, saya bangga kepada masyarakat yang telah bahu membahu untuk mengangkat nilai kebangsaan, persatuan dan nilai demokrasi," kata Ketua DPD RI Oesman Sapta dalam konferensi pers di Gedung B Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (29/6/2018).

Menurut OSOo, pilkada serentak kali ini, seluruh anggota DPD RI ikut mengawasi pelaksanaan pilkada di 17 Provinsi, 39 Kota dan 113 Kabupaten. Dia juga mengakui, dalam penyelenggaraannya pasti ada kekurangan, namun jangan sampai menimbulkan keributan. Pihak yang kalah dan menang harus menerima hasil pemilihan dengan lapang dada.

"Kalau betul-betul bermasalah, ada proses hukumnya. Rugi daerahnya kalau ditunda-tunda. Saya apresiasi yang terjadi di Jawa Barat , calon yang kalah (menurut quick count-red) datang ke yang menang," tegas OSO yang menyebut nama salah satu pasangan calon (TB.Hasanuddin-red) yang secara legowo menyampaikan ucapan selamat kepada calon yang terindikasi akan menang.

Sementara itu, Ketua Komite I DPD RI, Akhmad Muqowam menilai permasalahan Pilkada serentak tahun 2018 harus segera diperbaiki kedepannya. Menurutnya permasalahan mendasar dalam sebuah pilkada adalah mengenai data pemilih. Masih adanya masalah terkait data pemilih dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan KPU menjadi masalah yang belum terselesaikan sejak awal pilkada serentak.

"Misalnya dalam hal konektivitas antara penduduk dan pemilih. Penduduk menjadi kewenangan Kemendagri, pemilih menjadi kewenangan KPU. Hari ni masih ada problem dengan e-KTP, masih ada problem dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Ada yang punya KTP tetapi tidak ada dalam DPT. Ada dalam DPT, tetapi tidak punya e-KTP," kata dia.

Menurut Senator Jawa Tengah ini, bahwa harus dicarikan adanya sistem manajemen dalam pendataan pemilih dalam sebuah pilkada. Menurutnya data pemilih harus dipegang dan dikelola oleh satu instansi terkait dalam pilkada. Apakah dari Kemendagri ataupun dari KPU. Dimana data tersebut digunakan sebagai dasar dalam penentuan data dan jumlah pemilih.

"Sehingga ada pemikiran bahwa satu saja sebagai penyedia data pemilih, apakah Kemendagri silahkan atau KPU silahkan. Sehingga tidak saling bola-bola. Kalau misal ada di Kemendagri, maka apa yang ada di Kemendagri, maka KPU tidak boleh mengkoreksi. Kalau ada di KPU, Kemendagri tidak boleh mengkoreksi. Jangan dua-duanya mengkoreksi seperti sekarang ini," imbuhnya.

Dikatakan Muqowam, inti dari proses demokrasi dalam pilkada adalah masalah kuantitas yang meliputi jumlah pemilih. Dimana untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada, data soal pemilih harus akurat dan sesuai dengan kenyataan.

"Kalau jumlah pemilih salah, maka bisa diindikasikan ya bisa memang disalahkan, bisa memang bagian upaya untuk tidak jujur dalam pilkada itu sendiri," tegas Muqowam.

Editor: Surya