PKP

Halaman Masjid Raya Jadi Tempat Jualan Ketupat
Oleh : Suci Ramadhani
Rabu | 13-06-2018 | 12:16 WIB
jualan-ketupat.jpg honda-batam
Seorang penjual ketupat di halaman Masjid Raya Batam. (Foto: Suci Ramadhani)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang Lebaran Idul Fitri 1439 H /2018 M, masyarakat Kota Batam selalu mencari Ketupat untuk menu utama saat merayakan lebaran. Itulah peluang yang ditangkap para pedagang dengan menjual ketupat di pasar atau dan di pinggir jalan.

Seorang penjual ketupat, Helpi mengatakan, setiap tahun menjual ketupat yang sudah jadi di Tos 3000, Jodoh. Untuk ketupat dijual satu ikat berisi 10 biji. Dibandrol Rp10.000,-

"Kami menjual perikat, dalam satu ikat berisi 10, dan kalau pembeli membeli 3 ikat, harga akan lebih murah," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (13/6/2018).

Peminat untuk ketupat sangat banyak, untuk menjelang Lebaran karena menu utama adalah menyantap ketupat. Selain itu ibu ini menyediakan ketupat sudah berisi beras atau berbentuk lontong ketupat.

"Tidak hanya menjual ketupat kosong, kami juga menerima pemesanan untuk ketupat yang sudah berbentuk lontong dan harganya Rp3,000.- dalam satu bijinya," ujarnya.

Ketupat yang berbahan dari daun kepala, membuat lontong menjadi Enak dan wangi sehingga peminat ketupat semakin meningkat, ketupat ini bisa dibuat menjadi lontong dan juga ketupat ketan.

Momen menjual ketupat ini, tidak hanya di pasar atau tepi jalan saja. Ada sebagian pedagang memanfaatkan situasi memasarkan di halaman Mesjid Raya Batam dan ada masyarakat yang membelinya.

Aini selaku pembeli ketupat mengaku dirinya merasa terbantu dan tidak perlu ke pasar untuk membeli ketupat.

"Saya tadi siap sholat, dan saya lihat ada ketupat saya beli aja, biar besok bisa langsung dibuat dan tidak perlu ke pasar lagi, karena rumah saya jauh dari pasar," kata ibu yang tinggal di Sekupang Batam itu.

Editor: Dardani