PKP

Lantamal IV Laksanakan Patroli Pengamanan Jalur Mudik Lebaran
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 12-06-2018 | 16:04 WIB
danlantamal-patroli1.jpg honda-batam
Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno patroli pengamanan jalur mudi lebaran. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan Utama Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang melaksanakan pengawasan, pengamanan dan patroli angkutan lebaran 2018 dengan tujuan terwujudnya keselamatan pelayaran di provinsi Kepulauan Riau, Selasa (12/6/2018).

Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno mengatakan, pihaknya melakukan patroli pengamanan jalur pelayaran laut pada saat mudik Idul Fitri bagi masyarakat Kepri yang akan pulang kampung dengan rute Perairan Batuampar ke luar wilayah Kepri.

"Patroli pengamanan pelayaran mudik ini, dari Lantamal IV Tanjungpinang menurunkan unsur-unsur KRI seperti Kal Mapur I, Kal Pelampong dan Dua Sea Reder dari Lanal Batam," ujar Eko Suyatno saat berada diatas Kal Mapor I.

Dalam hal ini Lantamal IV Tanjungpinang sendiri memaparkan langkah-langkah pengamanan patroli mudik lebaran, diantaranya bantuan pengamanan yang dilihat terlebih dahulu alur pelayaran, kemungkinan terjadi kecelakaan, memberikan bantuan Sar secepat mungkin dan keamanan dari ancaman dari bahaya-bahaya kejahatan di laut dan bahaya navigasi lain sebagainya.

"Dengan langkah-langkah seperti itu pemudik dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut," ujarnya.

Menurutnya, patroli pengamanan mudik lebaran tidak hanya dilakukan di area laut tetapi Lantamal IV Tanjungpinang yang dipimpin langsung oleh Wadan Lantamal IV Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso dengan menggunakan unsur Wing Udara II yaitu dengan menggunakan heli BO 105/ HE 4108 dan NV 409 melalui pengamatan dari udara.

"Kegiatan pengamatan dengan menggunakan jalur udara berjalan dengan aman dan lancar," ucapnya.

Sementara itu Eko menghimbau untuk warga Tanjungpinang dan Kepri pada umumnya yang akan mudik menggunakan pelayaran laut, perlu diperhatikan keselamatan, ketahui posisi alat-alat keselamatan sehingga apabila terjadi emergancy, bisa dengan cepat mengambil suatu langkah-langkah yang cepat untuk diri masing-masing.

"Kalau untuk nahkoda dan ABK moda transportasi laut ikutin alur rencana pelayaran yang sudah dibuat dan aman sehingga meminimalis sekecil mungkin kecelakaan," tutupnya.

Dalam kegiatan ini tampak ikut dalam rombongan, Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si, Asop Lantamal IV Kolonel Laut (P) Edward, Dansatrol Lantamal IV Kolonel Laut (P) Horas Wijaya Sinaga, dan Kapten Kal Mapor Kapten Laut (P) Bayu Indra Wirawan.

Editor: Yudha