Kita Indonesia, Kita Pancasila

Djasarmen Ajak Masyarakat Terus Berjuang dan Mengamalkan Nilai Pancasila
Oleh : Roni Ginting
Selasa | 05-06-2018 | 17:28 WIB
sosialisasi-4-pilar1.jpg honda-batam
Anggota DPD RI Djasarmen Purba sosialisasi empat pilar kepada Jemaat Gereja HKIP Dapur 12 Sagulung. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota MPR/DPD RI daerah pemilihan provinsi Kepuluan Riau, Djasarmen Purba kembali memberikan pemahaman empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (1/6/2018) bersama dengan Jemaat Gereja HKIP Dapur 12 Sagulung, Kota Batam.

Pada awal pemaparan materi, Djasarmen menegaskan kembali bahwa Bangsa Indonesia sangat bersyukur karena memiliki Pancasila sebagai dasar negera. Bahwa Pancasila lahir, abadi dan terbukti sakti menjadi falsafah, padangan hidup dan dasar berbangsa dan bernegara.

"Kedua hal ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Apalagi ada niat dan gerakan yang justru hendak menggantikannya," ujar Djasarmen.

Ia juga mengatakan, pada moment Hari Kelahiran Pancasila di awal bulan juni kembali diingatkan akan betapa besarnya karunia, warisan dari para pendahulu dan pendiri NKRI sebagai dasar berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila.

"Pancasila yang telah lahir, akan terus hidup dan menjadi roh dan rah dari setiap perjalanan hidup rakyat dan bangsa Indonesia sampai kapanpun, alias menjadi abadi," papar Djasarmen secara berapi-api.

Menurutnya, tentunya hal ini adalah tanggung jawab bangsa, negara dan rakyat semua di pelosok tanah air. Bahwa Pancasila harus menjadi bahasa, perilaku, tradisi dan nilai-nilai melekat dan dapat dirasakan, dilihat dan berdampak secara nyata.

Djasarmen juga mengajak segenap jemaat gereja HKIP Dapur 12 Sagulung untuk turut bersama berjuang dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, terutama kepada lingkungan di luar gereja.

"Bahwa ada gerakan dan pandangan radikal yang ingin menggantikan Pancasila, maka itu dipandang sebagai upaya terlarang dan harus diberantas sampai ke akar-akarnya pula," tegas Djasarmen.

Editor: Yudha