Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia dan China Favorit Piala Thomas 2018 Bangkok
Oleh : Redaksi
Sabtu | 19-05-2018 | 15:40 WIB
kevin-marcus113.jpg Honda-Batam
Ganda Putra Kevin-Markus. (Foto: CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Bangkok - Tunggal putra tim Denmark Viktor Axelsen mengatakan tim Indonesia dan China merupakan favorit di kejuaraan Piala Thomas 2018 di Bangkok.

Viktor yang saat ini menduduki peringkat pertama dunia di BWF merupakan andalan dari tim Denmark. Ia mengatakan kekuatan kedua tim itu yang paling diwaspadai di kejuaraan yang digelar di Stadion Impact Arena mulai Minggu (20/5/2018).

"China dan Indonesia merupakan tim yang sangat kuat, berikutnya ada Jepang. Namun, persaingan di tahun ini sangat ketat karena kekuatan seluruh tim relatif merata," terang Viktor pada sesi konferensi pers, Sabtu (19/5/2018) di Stadion Impact Arena.

Senada dengan Viktor, pelatih tim Thomas Denmark Kenneth Jonasson menilai hampir setiap tim memiliki kekuatan yang merata sehingga kans untuk melaju hingga final pun hampir sama.

Meski demikian, Jonasson menegaskan timnya memiliki kekuatan yang seimbang di semua sektor yang akan dipertandingkan di ajang ini dan tidak banyak berbeda seperti dua tahun lalu.

"Kami masih percaya diri dan peluang masih bagus [untuk meraih juara], tapi banyak pesaing yang sangat berat dan itu termasuk Indonesia," ujar Kenneth.

"Kami punya tim yang sangat kuat dan yakin bakal berhasil [memenangkan setiap pertandingan]. Namun, kami harus benar-benar mempersiapkan semuanya dengan sebaik mungkin karena jika tidak, tim lain yang akan juara."

Denmark sukses menggondol trofi pada Piala Thomas 2016 di Kunshan, China, setelah mengalahkan tim Merah Putih di laga final. Tim Viking itu menang tipis 3-2 atas Indonesia.

Saat itu Denmark menyapu bersih semua kemenangan di kategori tunggal yakni dari Viktor, Jan O Jorgensen, dan Vittinghus. Viktor menang mudah atas tunggal Indonesia, Tommy Sugiarto, dua gim langsung 21-17 dan 21-18.

Sementara Indonesia meraih kemenangan di dua sektor ganda mereka yakni Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan dan Ricky Karanda Suwandi/Angga Pratama. Ahsan/Hendra mengalahkan Mads Conrad-Petersen/Mads Pieler Kolding dengan skor 21-18 dan 21-13.

Sedangkan Ricky/Karanda menang atas Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dua gim langsung dengan skor 21-16 dan 21-14.

Di Piala Thomas 2018, Denmark berada di Grup D bersama Malaysia, Rusia, dan Aljazair. Satu-satunya lawan terberat Denmark di grup itu adalah Malaysia.

Tim Thomas Indonesia sendiri berada di grup yang cukup berat. Hendra dan kawan-kawan tergabung di Grup B bersama dengan Korea Selatan, Kanada, dan tuan rumah Thailand.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha