PKP

Akhirnya, Para Buruh Membubarkan Diri dengan Tertib
Oleh : Romi Chandra
Senin | 07-05-2018 | 19:52 WIB
kapolres-hengki.jpg honda-batam
Kapolresta Barelang, Kombes Hengki (tengah), didampingi Kasat Lantas, Kompol I Putu Bayu Pati dan Kasat Intel, Kompol Isa Imam Syahroni (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi para buruh dari K-SPMI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia), F-SPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) yang menyampaikan aspirasi di depan Gedung Graha Kepri akhirnya berakhir.

Sekitar pukul 18.00 WIB, para buruh membubarkan diri secara tertib setelah diarahkan oleh koordinator kegiatan.

Kapolresta Barelang, Kombes Hengki, di lokasi mengatakan, para buruh tersebut memang meminta izin untuk menyampaikan aspirasinya hingga pukul 18.00 WIB. Sejauh ini, kegiatan berjalan aman dan kondusif.

"Tadi sudah disepakati bahwa mereka akan menyampaikan orasi dan menunggu hasil pertemuan hingga pukul 18.00 WIB. Setelah mendapat jawaban dari perwakilannya itu, mereka akan membubarkan diri," ujar Hengki, Senin (7/5/2018).

Ditambahkan, pihaknya juga menghindari pembubaran aksi secara paksa. Sebab, hal ini akan menimbulkan keadaan yang tidak kondusif di Kota Batam.

"Kegiatan hari ini berjalan kondusif. Para buruh mau mematuhi aturan dan kembali dengan tertib, karena sudah melewati batas waktu yang diberikan," lanjutnya.

Dalan pengamanan tadi, sebanyak 779 personil kepolisian dikerahkan untuk melakukan penjagaan. "779 personil dikerahkan dari Polresta Barelang bersama Polda Kepri. Sementara dari para oekerja yang turun tadi sekitar 1000 orang. Diharapkan kegiatan ke depannya juga bisa berjalan konfusif seperti ini," pungkasnya.

Sebelumnya, para pekerja dari K-SPMI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia), F-SPMI (Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) yang menamakan diri Aliansi Serikat Kota Batam hingga pukul 18.00 WIB masih bertahan di depan Kantor Graha Kepri Kota Batam, Senin (7/5/2018).

Editor: Udin