Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelulusan SMA Sederajat tidak Diinformasikan ke Daerah, Kadisdik Karimun Kecewa
Oleh : Wandy
Sabtu | 05-05-2018 | 08:28 WIB
Kadisdik-karimun,-bakrie-hasuim.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Terkait hasil kelulusan Ujuan Nasional SMA sederajat, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim, merasa kecewa. Pasalnya pihak sekolah tidak memberitahukan informasi kelulusan siswa kepadanya.

"Berdasarkan aturan memang melaporkan ke Provinsi, sebab sudah di bawah naungan Provinsi. Sebagaimana Bupati mengatakan ini adalah anak-anak kita dan sekolahnya di tempat kita, kok tidak ada yang peduli," kata Bakri, Jumat (4/5/2018).

Ia juga mengatakan, pihaknya tidak mengetahui apakah semua siswa di Karimun lulus 100 persen ataukah ada yang tidak lulus. Sebab laporan disampaikan langsung ke Provinsi dan pihaknya tidak diberitahu.

"Tahun kemarin kita masih sempat meninjau, sebab belum secara mutlak diserahkan ke Provinsi. Masih ada koordinasi dan bisa meninjau langsung kelulusan siswa. Sementara dari Provinsi pun tidak ada menginformasikan," ujar Bakri kecewa.

Tahun ini pun Disdik Karimun juga tidak diikutsertakan dalam rapat sehari jelang pengumuman kelulusan. Hanya kepala SMA dan pengawas sekolah saja yang diundang rapat.

"Pihak sekolah mungkin sedang sibuk menyiapkan kelulusan para siswanya. Dan mereka juga ada kegiatan, mungkin belum sempat menyampaikan," katanya.

Di samping itu, untuk sistem perengkingan, pihaknya mengaku tidak lagi mendapatkan informasi serta persentase kelulusan di Karimun, karena tak disampaikan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun.

Namun menurut Bakri, dirinya hanya bisa menebak bahwa semua siswa SMA di Karimun lulus 100 persen, terkecuali yang tidak mengikuti UN. Pasalnya keputusan kelulusan saat ini sudah berada di rapat dewan guru masing-masing.

"Yang penting anak tersebut baik, tidak bermasalah dengan sekolah, saya rasa untuk lulus tidak begitu sulit. Namun untuk nilai murninya kita tidak mengetahui. Dan Alhamdulillah sampai saat ini masih berjalan lancar, tidak ada hambatan serta masalah," kata Bakri.

"Alhamdulillah untuk kelulusan SMA ini sampai sekarang kita belum mendengar ada hal-hal yang tak baik, seperti tabrakan atau lainnya. Artinya masih tertib," ucap Bakri mengakhiri.

Editor: Udin